Bagikan:

JAKARTA - Don Henley, pendiri sekaligus personel band Eagles kembali melayangkan gugatan untuk mendapatkan kembali manuskrip lirik lagu Eagles di tahun 1970an yang ditulis tangan.

Sebelumnya, manuskrip tersebut disebut telah dicuri dan menjadi objek dalam persidangan yang kemudian diberhentikan pada Maret lalu.

Manuskrip tersebut berisi sekitar 100 lembar berisikan lirik lagu yang ditulis sendiri oleh Don Henley. Di dalamnya, juga terdapat lirik dari lagu “Hotel California” yang terkenal itu.

“Lembar lirik pribadi setebal 100 halaman ini adalah milik Tuan Henley dan keluarganya. Dan dia tidak pernah mengizinkan terdakwa atau siapa pun untuk menjualnya demi keuntungan,” kata Daniel Petrocelli, pengacara Don Henley, mengutip Rolling Stone, Senin, 1 Juli.

“Don Henley mengajukan gugatan hari ini ke pengadilan federal New York atas pengembalian properti yang dicuri darinya, (yaitu) catatan tulisan tangan pribadinya dan lirik lagu ikonik dari album Hotel California,” lanjut Petrocelli.

Dalam gugatannya barunya, Don Henley menggugat pedagang memorabilia, Edward Kosinski dan mantan kurator Rock & Roll Hall of Fame, Craig Inciardi, yang mana gugatan tersebut dibatalkan pada bulan Maret.

Penjual buku langka bernama Glenn Horowitz juga menghadapi tuntutan pidana serupa, namun tidak disebutkan dalam tuntutan hukum yang baru.

Henley menggugat Inciardi, Kosinki dan Horowitz yang diduga berkonspirasi untuk memiliki properti curian sehubungan dengan percobaan lelang lembaran lirik.

"Henley sekarang meminta pengembalian lembaran lirik ini dari DANY berdasarkan hukum New York, yang mengharuskan dia untuk memberikan 'bukti yang memuaskan atas gelarnya’," kata pengacara Don Henley.

“Karena Kosinski dan Inciardi juga mengklaim kepemilikan atas lembaran lirik Henley, masalah ini harus diputuskan di pengadilan sipil dengan yurisdiksi yang sesuai. Oleh karena itu, Henley meminta pernyataan dari Pengadilan ini bahwa dia adalah pemilik sah dari lembaran liriknya yang disita untuk memberikan 'bukti yang memuaskan atas gelarnya' yang akan memfasilitasi pengembalian propertinya kepada Jaksa Wilayah."