<i>Duh</i>, Guns N' Roses Kena Kasus Pelanggaran Hak Cipta dan Pelecehan Seksual
Guns N' Roses (Instagram @gunsnroses)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang fotografer menggugat Guns N' Roses dan manajemen mereka atas pelanggaran hak cipta dan pelecehan seksual yang diduga dilakukan oleh manajer band Fernando Lebeis.

Katarina Benzova mengajukan gugatan pada Sabtu, 11 November yang menyatakan bahwa dia bekerja freelance untuk Guns N’ Roses antara tahun 2010 dan 2022 di 364 konser.

Guns N’ Roses, Gundam LLC (bisnis dan perusahaan induk band), Team Brazil dan Lebeis terdaftar sebagai terdakwa dalam kasus tersebut.

Gugatan tersebut mengklaim bahwa band dan tim mereka melakukan pelanggaran hak cipta atas foto-foto Benzova “melalui reproduksi, tampilan publik, distribusi, pembuatan karya turunan, dan penyitaan foto-foto Benzova untuk dilisensikan dan dijual ke publikasi pihak ketiga setelah penghentian hak apa pun untuk melakukannya,” dan mengubah berbagai foto untuk menutupi pelanggaran dan secara palsu mengklaim kepemilikan foto tersebut.

Benzova juga menuduh dalam gugatannya bahwa Lebeis telah melakukan rayuan seksual yang tidak diinginkan terhadapnya beberapa kali sejak ia mulai mengelola Guns 'N' Roses pada tahun 2016.

Gugatan tersebut mengklaim Lebeis menjadi agresif dan bermusuhan ketika Benzova berulang kali menolaknya, dan bahkan meningkat menjadi “menjelek-jelekkan, mengejek, melontarkan kata-kata yang merendahkan, menghina, menindas, dan berbohong.”

Selain itu, Benzova menuduh bahwa Lebeis pada akhirnya menurunkan biaya perjalanannya tanpa memberi tahu dia, menahan pembayaran darinya, memindahkannya ke hotel yang lebih murah selama perjalanan, meminta dia membayar sendiri biaya perjalanan yang dijanjikan Tim Brasil untuk ditanggungnya, dan menolak memberikan kredit atas foto-foto miliknya.

Lebih lanjut, dia mengklaim bahwa usahanya untuk menggunakan kontrak tertulis dengan band tersebut diabaikan. Lebeis diduga memutuskan hubungan dengannya pada Oktober 2022 dengan alasan berbagai alasan termasuk “masalah anggaran”.

Benzova percaya bahwa Lebeis mendiskriminasi dirinya karena dia menolak dugaan rayuan seksual, dan mengklaim fotografer lain untuk band tersebut, Jarmo, tidak diperlakukan dengan cara yang sama seperti dia.

Guns 'N' Roses mengeluarkan pernyataan sebagai tanggapannya kepada Loudwire. "MS. Benzova awalnya dikontrak untuk menyediakan layanan fotografi tur untuk Guns N’ Roses pada tahun 2010. Dia bekerja dengan band tersebut selama 12 tahun dan dibayar serta diperlakukan dengan sangat baik,” kata mereka.

“Baru setelah layanannya dihentikan pada tahun 2022, dia mencoba mengklaim kepemilikan atas foto-foto yang kontraknya dengan jelas menyatakan bahwa itu adalah milik band," lanjut pihak band.

“Band ini menanggapi klaim-klaim semacam ini dengan sangat serius, namun semua bukti menunjukkan bahwa tuduhan-tuduhan ini jelas-jelas salah. Tanggapan darinya ini muncul setelah band tersebut mengajukan tuntutan terhadap Ms. Benzova karena secara salah menyatakan kepemilikan atas foto-foto band tersebut.”

Loudwire juga diberikan salinan gugatan band itu sendiri, yang diajukan pada tanggal 24 Oktober dan mengklaim ketidakabsahan hak cipta, non-kepemilikan dan non-pelanggaran, khususnya menyatakan bahwa Benzova telah “menuduhkan secara keliru pelanggaran hak cipta terhadap berbagai orang dan entitas” pada bulan Maret 2023.

Gugatan mereka menuduh bahwa Benzova telah setuju ketika dia pertama kali bekerja pada tahun 2010 bahwa Waterhead International, Inc., yang mengelola tur Guns N' Roses selain Gundam LLC, akan menjadi pemilik eksklusif seluruh karya Benzova atas nama band tersebut.