Bagikan:

JAKARTA - Rapper A. Nayaka meluncurkan album keempatnya bertajuk Culture Shock. Dirilis pada Jumat, 3 November, album ini menjadi refleksi sang musisi melalui industri musik Indonesia.

Sweet Time dijagokan sebagai single utama setelah ia merilis Marila Berdansa pada bulan Juli lalu. Album ini berisi 13 lagu yang paling banyak dikerjakan Ariel Nayaka sendiri.

Tidak hanya itu, ia juga menggandeng Alyph, Basboi, dan Ben Utomo untuk berkolaborasi dalam album ini. Album ini sudah dikerjakan pada tahun 2019 di mana ia mulai mencari tema yang sesuai dan kehidupan pribadinya menjadi awal dari karya teranyarnya.

“Pembuatan Culture Shock sebenarnya bermula pada tahun 2019 dan itu semua full berbahasa Inggris, hip-hop, album trap. Rasanya seperti saya berada di zona nyaman, tapi saya lega itu tidak dirilis,” kata A. Nayaka.

“Berlanjut ke tahun 2021, ketika pandemi, itu saat ketika saya mulai nyaman menulis dalam bahasa Indonesia dan saya merilis lagu seperti Orang Lain atau Waktu Tiba. itu membuat saya semakin nyaman mengubah konsep Culture Shock menjadi album bilingual,” katanya.

Walaupun lahir di Indonesia, musisi yang besar di Houston mengaku ada culture shock yang ia alami ketika pulang ke Indonesia.

“Saya ingin album ini merepresentasi remaja di Indonesia yang besar di luar negeri atau sebaliknya. Menurut pengalaman pribadi saya, itu tidak mudah untuk menyesuaikannya. Terkadang tidak mudah menjadi orang asing di negara Anda sendiri,” katanya.

Lagu Sweet Time yang menjadi single utama dianggap A. Nayaka sangat sesuai untuk merepresentasikan album ini, berbeda dengan Marila Berdansa yang memiliki nuansa yang cerah. Perbedaan itu juga terlihat dalam artwork album ini di mana foto ini memperlihatkan sekumpulan anak-anak namun hanya satu yang tidak dicoret.

“Cover album ini juga merepresentasikan culture shock. Itu foto ulang tahun saya ke-10 di Amerika Serikat, dan ada anak Asia dengan teman-teman saya yang hispanik atau afrikan. Saya bersenang-senang membuat album ini, dan semoga yang lain juga merasakan yang sama,” katanya lagi.

Adapun, album Culture Shock dari A. Nayaka bisa didengarkan secara digital.