Static-X Terbuka Bikin Musik Baru dengan Vokal Xer0 Secara Penuh
Static-X (Instagram @staticxofficial)

Bagikan:

JAKARTA - Bassis Static-X, Tony Campos kembali mengatakan dirinya tidak menentang untuk membuat musik baru dengan formasi band saat ini setelah dia dan rekan bandnya menyelesaikan tur untuk mendukung album Project Regeneration.

Album penuh terbaru Static-X, Project Regeneration Vol. 1, dirilis pada Juli 2020. Volume pertama dari dua volume, menampilkan 12 lagu baru, berisi banyak penampilan vokal terakhir dan komposisi musik mendiang pentolan Static-X, Wayne Static bersama line up orisinal album Wisconsin Death Trip, yakni Tony, drumer Ken Jay dan gitaris Koichi Fukuda.

Album lanjutannya, Project Regeneration: Vol. 2, dijadwalkan hadir 26 Januari 2024. Kumpulan 14 lagu anyar ini diproduseri oleh pentolan Xer0 — yang diyakini sebagai vokalis Dope, Edsel Dope — dan di-mixing/mastering oleh kolaborator mereka Ulrich Wild.

Ditanya dalam wawancara baru dengan Anne Erickson dari Audio Ink Radio apakah Static-X berencana membuat album baru dari awal setelah selesainya siklus tur Project Regeneration, ini kata Tony.

"Saya tidak tahu tentang membuat album penuh lagi, karena album bukan lagi cara orang mendengarkan musik. Tapi sejauh merekam musik baru tanpa vokal Wayne, ada beberapa lagu di Volume 1 dan 2 yang tidak ada vokal Wayne di dalamnya, dan kami meminta Xer0 untuk mengisi vokal pada lagu tersebut, dan menurut saya kedengarannya cukup keren," beber Tony.

"Jadi, jika kami melanjutkan dengan lebih banyak materi rekaman baru, kemungkinan besar kami akan memiliki Xer0 yang bernyanyi pada lagu tersebut."

Semua musik yang terkait dengan Project Regeneration: Vol.2 adalah hasil kolaborasi antara empat anggota pendiri bersama vokalis/gitaris/produser baru mereka Xer0. Tidak ada tamu tambahan yang muncul dalam album dan tidak ada kontribusi dari luar untuk penulisan lagu, komposisi musik, atau penampilan dalam Project Regeneration: Vol. 2.

Di antara dua rilisan tersebut, penggemar Static-X di seluruh dunia telah disuguhi lebih dari dua lusin lagu baru — yang sebagian besar menampilkan Static pada vokal utama — dan semuanya dirilis setelah kematiannya yang terlalu dini.