Kekhawatiran Rayen Pono karena Pita Suara yang Rusak
Rayen Pono (Instagram @rayenpono)

Bagikan:

JAKARTA - Rayen Pono mengalami kerusakan pita suara yang membuatnya kerap kesulitan saat menyanyikan nada tinggi. Permasalahan tersebut diketahuinya setelah memeriksakan diri ke dokter pada 12 Oktober lalu.

Karena permasalahan pita suara tersebut, eks vokalis Pasto itu tidak menampik bahwa ada kekhawatiran tersendiri. Pasalnya, dia tidak tahu apa yang akan terjadi ke depan.

“Oh pasti, ada kekhawatiran jangka panjang,” kata Rayen Pono di Tendean, Jakarta Selatan pada Selasa, 17 Oktober.

Selain khawatir atas apa yang terjadi ke depan, saat ini Rayen juga ada kekhawatiran saat menerima tawaran untuk menyanyi.

“Tapi kalau kekhawatiran jangka pendek, kan tiba-tiba kalau dapat jadwal promo pagi di TV, promo radio, ada job pagi-pagi. Nah, itu PR banget,” ujar Rayen Pono.

“Pemanasannya mesti lama. Kadang kalau nyanyi pagi tuh, kayak acara gathering yang acara pagi gitu, aku suka lari pagi dulu biar keringat dulu. Jadi, effort-nya lebih besar,” sambungnya.

Namun begitu, Rayen juga tidak bisa begitu saja menolak tawaran menyanyi. Pasalnya, pemasukan utamanya berasal dari bernyanyi.

Dokter yang menangani Rayen juga tidak melarang untuk bernyanyi. Oleh karena itu, sebagai gantinya Rayen harus mengistirahatkan pita suaranya saat tidak sedang bekerja.

Adapun, kemungkinan untuk pita suaranya kembali normal masih terbuka. Rayen mengaku dokter yang menanganinya juga terus mendukung kesembuhannya.

“Ya kalau dokter kan selalu coba meyakinkan ya. Karena yang paling utama kan pikiran, hati yang gembira adalah obat. Jadi, positive thinking aja, kalau bisa sembuh total, bisa kembali seperti semula, kata dia sih mudah-mudahan bisa,” pungkas Rayen Pono.