Rayen Pono Keluhkan Lagunya yang Diunggah ke Spotify tanpa Izin
Rayen Pono (Instagram @rayenpono)

Bagikan:

JAKARTA - Rayen Pono eks Pasto ikut mengeluhkan lagu yang ditulisnya kembali diunggah oleh tujuh orang tidak bertanggung jawab ke platform musik digital Spotify.

“Ada 7 orang yg upload lagu gw TANYA HATI tanpa ijin!!!” tulis Rayen Pono dalam unggahan Instagram Stories, dilihat Senin, 8 Januari.

“Entah orangnya langsung atau label2 maling abal2 yg upload, gw gak paham. Dan ada beberapa yg credits penciptanya juga ganti asal2an,” sambungnya.

Kemudian, Rayen menampilkan enam dari tujuh akun Spotify yang mengunggah kembali lagu Tanya Hati tanpa izin si penulis lagu.

Dari enam akun tersebut, terlihat nama sumber yang tertera antara lain Aditya Muziq, Rifan Styles, Rolin Nababan, Bataklanden, NUiM, dan Cynthia Gab.

Rayen pun menyuarakan lemahnya perlindungan terhadap sebuah lagu. Ia merasa dirinya sebagai penulis lagu tidak berdaya melawan pembajakan di platform musik digital.

“Sebegini lemahnya perlindungan terhadap karya cipta ya, sampe bisa terjadi pembajakan di digital platform secara berulang-ulang, entah regulasi dan fungsi aggregator yg lemah atau gimana ya,” tulis Rayen Pono.

“Sebagai pencipta gw merasa powerlessnya, bingung mau ngomong apa!!!” pungkasnya.