Bagikan:

JAKARTA - Band asal Yogyakarta, Skandal baru saja merilis merilis album dengan tajuk “Melodi”. Ini merupakan album penuh perdana, yang mengikuti album mini dan single sebelumnya.

Para personel yang terdiri dari Yogha Prasiddhamukti (vokal), Rheza Ibrahim (gitar), Robertus Febrian Valentino (gitar, vokal), dan Argha Mahendra (drum), menggarap “Melodi” secara intens sejak pertengahan 2023.

Adapun proses penggarapan album ini merupakan komitmen baru dari Skandal, sejak Siddha kembali ke Yogyakarta.

“Akhirnya, masing-masing dari kami berkomitmen yang sama untuk bikin album dan menjalankan band ini dengan lebih serius,” kata Siddha dalam keterangannya, Jumat, 25 Oktober.

Siddha merasa sudah terlalu lama Skandal tidak merilis album, padahal mereka sudah memiliki banyak materi yang bisa digarap.

“Melodi” menghadirkan 12 lagu yang menggabungkan ragam musik alternatif 1990an – 2000an, seperti indie rock, slowcore, powerpop, hingga kejayaan pop rock Indonesia dua dekade lalu.

“Pada dasarnya, semua berlangsung organik dan arah musik ini pun terasa masuk akal, ujar Siddha.

Adapun, album “Melodi” terinspirasi dan ingin bercerita tentang kehidupan dengan segala kualitasnya, seperti pahit dan manis yang datang silih berganti.

“Seperti arti dari kata ‘melodi’ itu sendiri, yaitu susunan rangkaian nada yang terdengar berurutan serta berirama dan mengungkapkan suatu gagasan pikiran dan perasaan,” kata Siddham

“Album ini jadi rangkaian ungkapan bermacam pikiran dan perasaan kami yang muncul dari pengalaman personal hidup kami sekarang dengan berbagai irama,” imbuhnya.

Untuk merayakan perilisan album penuh perdana, Skandal merencanakan berbagai inisiasi, mulai dari konser peluncuran album, tur, perilisan video musik, hingga merilis album dalam format fisik seperti kaset, CD, maupun piringan hitam.