Bagikan:

JAKARTA - Untuk ketiga kalinya, Powerslaves kembali merilis Malam Ini, salah satu lagu hits yang jadi andalan mereka ketika manggung.

Sebelumnya, lagu Malam Ini dirilis pertama kali lewat album Kereta Rock N' Roll di tahun 1998. Kemudian dirilis ulang lewat EP Jangan Kau Mati pada 2010.

Versi remastered Malam Ini menyajikan musik yang lebih detail dan kompleks dari segi aransemen, yang juga ditunjang dengan kebaruan dari segi suara.

"Lagu Malam Ini yang sekarang basic aransemennya seperti album Kereta Rock N' Roll. Lewat teknologi recording saat ini, dengan sendirinya hasil dari sound pun lebih ke era rock sekarang secara keseluruhan," kata Anwar Fatahilah, bassis sekaligus pentolan Powerslaves, dalam keterangan resmi yang diterima VOI, Selasa, 5 September.

Anwar Fatahilah juga bicara soal penggunaan birama yang lebih kompleks. Berbeda dari versi EP yang seluruhnya menggunakan birama 4/4, versi remastered menggunakan birama 4/4 dan 3/4.

"Malam Ini (Remaster) juga sedikit dinaikin temponya. Ditunjang dengan kualitas vokal Heydi Ibrahim yang semakin matang, energi rock dari materi lagu ini jauh semakin kuat,” kata Anwar.

"Ditambah lagi, sentuhan orkestrasi Wiwiex Soedarno (kibor) menambah nilai dan kemegahan lagu ini yang tidak ada pada materi sebelumnya," imbuhnya.

Soal isian gitar yang dimainkan Andin KS, juga berbeda dari apa yang dihasilkan Andry Muhammad pada rilisan pertama dan Acho Jibrani pada rilisan kedua.

Tanpa membandingkan dengan dua versi awal yang sudah dilakukan sebaik mungkin, kata Anwar, isian Andin KS mengikuti lead Andry Muhammad ditambah isian baru.

“Kalau aransemen lagu yang sekarang kan mengikuti lead-nya Andry, otomatis ya sebisa mungkin menyamai notasi sebelumnya. Dan jadi tantangan tersendiri karena lagu ini naik tempo,” kata Anwar terkait isian gitar Andin KS di versi remastered.

“Tantangannya terutama memunculkan soul, nyawa dari notasi sebelumnya. Juga ada penambahan isian gitar yang menambah bobot dari keseluruhan materi lagu ini. Intinya, Andin KS juga melakukan yang terbaik,” lanjutnya.

Di balik hasil akhir yang mereka dapatkan untuk lagu ini, ada kerja keras Powerslaves yang sudah berkarier di industri musik Indonesia lebih dari tiga dekade. Ketelitian, kepekaan dan kejelian rasa didapat melalui proses yang tidak instan.

Lagu Malam Ini versi remastered sudah tersedia dan dapat didengarkan di berbagai platform musik digital.