Tak Merasa Terancam Oleh AI, Jordan Rudess: Dream Theater Terbuka dengan Kehadiran Teknologi
Jordan Rudess (Instagram @dreamtheaterofficial)

Bagikan:

JAKARTA - Kibordis Dream Theater, Jordan Rudess memberi pandangan tentang penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam musik.

Hal tersebut dia ungkap saat tampil dalam "Trunk Nation With Eddie Trunk" milik SiriusXM pekan lalu.

"Ini topik yang sangat besar, dan saya pribadi sangat bersemangat tentang itu. Jika orang bersikap baik, yang tahu tentang AI, seperti artis, musisi, seniman grafis, mereka biasanya akan berkata, 'Oh, kami bisa menggunakannya sebagai alat. Dan kami sudah memiliki alat sebelumnya. Dan itu semacam hal yang keren'," buka sang kibordis.

"Namun kenyataannya adalah bahwa teknologi — seperti yang selalu dilakukan, tetapi sekarang mungkin bahkan lebih — membuka semua kemungkinan luar biasa ini untuk tingkat kreativitas baru yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Jadi, ya, ini alat, alat untuk pembuka pintu yang lengkap dan menghancurkan apa yang kita ketahui dalam banyak hal.

"Dan itu dapat digunakan dalam banyak cara sehingga kita dapat mendengar dan melihat hal-hal yang belum pernah kita lihat atau dengar sebelumnya."

"Saya sendiri adalah seseorang yang bekerja tidak hanya di bidang audio, tetapi saya juga benar-benar terlibat dalam bidang visual. Saya adalah orang yang bisa disebut sebagai duta untuk sebuah perusahaan bernama Lightricks, yang berada di luar Israel, dan mereka melakukan hal-hal luar biasa dengan AI dan foto dan video. Dan saya juga terlibat dalam bagian musik AI. Dan saya sangat bersemangat tentang hal itu.

Lantas seberapa banyak teknologi AI akan masuk ke dunia Dream Theater?

"Kami sebenarnya cukup terbuka dengan teknologi yang saya bawa, meskipun tidak sepenuhnya mengambil alih, tentu saja, apa yang kami lakukan, karena kami telah melakukan ini sejak lama. Namun secara umum, [saya] sangat, sangat bersemangat tentang itu," ungkap Jordan.

"Saya pikir itu keren. Orang-orang harus memperhatikannya. Dan sebagai orang yang kreatif, saya sangat terlibat, katakanlah, sisi positifnya. "