Bagikan:

JAKARTA - Mantan bassis Metallica, Jason Newsted akan tampil dengan proyek Newsted untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade pada 20 Mei di Revolution Live di Fort Lauderdale, Florida.

Newsted, yang memainkan bass dan bernyanyi dalam proyek ini, akan bergabung dalam pertunjukan tersebut dengan anggota orisinal Newsted, yakni Jesus Mendez Jr. (Underlord) pada drum dan Jessie Farnsworth (Underlord) pada gitar, bersama dengan gitaris baru Humberto Perez.

Mundur ke Februari 2014, Jason membatalkan penampilan di festival Soundwave Australia dengan Newsted, dengan alasan personal. Pembatalan tersebut menyusul lebih dari satu tahun tur intensif dan aktivitas promosi seputar perilisan EP (album mini) Metal dan album lanjutan, Heavy Metal Music, yang keduanya diterima secara positif oleh para kritikus dan penggemar.

Sementara itu, gitaris Staind Mike Mushok, yang bergabung dengan Newsted pada Maret 2013 dan bermain dalam album Heavy Metal Music, mengatakan kepada "The Jasta Show" dalam sebuah wawancara tahun 2019 bahwa Jason akhirnya menghentikan band ini karena tidak layak secara finansial baginya untuk melanjutkan bermain.

"Saya pikir dia senang dengan itu [secara kreatif]," kata Mike. "Saya pikir hal tur itu sulit. Saya tidak berpikir itu persis seperti yang dia harapkan. Tapi dengar, itu menyenangkan. Saya sangat menikmatinya. Saya sangat menikmati waktu kami bersama dan bermain. Kami masih berteman; kami masih berkomunikasi... Kami bermain di tempat yang lebih kecil, tetapi pertunjukannya selalu bagus; selalu menyenangkan," kata Mike.

"Saya rasa biayanya sangat mahal. Karena dia membayar tagihan untuk semuanya. Jadi menurut saya di pengujung hari, dia, seperti, 'Saya melakukan ini karena hasrat saya untuk itu dan apa yang saya sukai, tetapi saya berdarah di sini.' Kami mengadakan tur Eropa yang menurut saya sangat merugikannya."