Bagikan:

JAKARTA - Patung Brian Johnson dari AC/DC diresmikan pada 16 April di Namur, Belgia untuk memperingati konser pertama yang pernah dia mainkan dengan bandnya pada 29 Juni 1980 di Palais Des Expositions kota.

Proyek ini muncul setelah kampanye penggalangan dana yang diluncurkan oleh penggemar AC/DC Michel Remy, Mike Davister dan Georges Boussingault, serta dukungan dari stasiun radio nasional RTBF Classic 21.

Patung itu dibuat oleh perusahaan Design Stone dari Libramont menggunakan Batu Biru Belgia berkualitas tinggi, batu alam yang ditambang di Belgia, yang dilaporkan berusia antara 150 juta hingga 350 juta tahun.

Johnson sendiri merekam pesan video berterima kasih kepada para penggemar atas dukungan mereka dan berjanji akan mengunjungi Namur dalam beberapa minggu ke depan untuk melihat langsung patung tersebut.

Johnson adalah salah satu anggota pendiri band rock Geordie yang dibentuk di Newcastle upon Tyne pada tahun 1971. Setelah merilis beberapa single hit, termasuk Top 10 Inggris All Because of You (1973), band ini bubar pada 1978.

Usai kematian Bon Scott pada 19 Februari 1980, Johnson diminta untuk mengikuti audisi AC/DC. Gitaris dan pendiri AC/DC Angus dan Malcolm Young awalnya menghubungi Johnson karena ingat Scott terkesan pada Johnson setelah melihatnya tampil bersama Geordie.

Album pertamanya bersama AC/DC, Back in Black, menjadi album terlaris kedua sepanjang masa, menurut sebagian besar perkiraan. The Guardian memberi peringkat transisi sukses dari Scott ke Johnson pada No. 36 dalam daftar 50 peristiwa penting dalam sejarah musik rock.