Bagikan:

JAKARTA – Setelah enam tahun aktif bermusik, eleventwelfth akhirnya melepas album perdana bertajuk Similar pada hari ini, Jumat, 23 Maret.

Menurut keterangan tertulis yang diterima redaksi, Similar berbicara soal melepaskan dan meninggalkan jejak untuk menangkap perasaan serupa saat kita pergi, tetapi semua hal lain di sekitar kita akan tetap sama.

Eleventwelfth membawa kita lebih jauh ke pemikiran yang paling mendalam agar dapat menuntun untuk merenungkan kehidupan yang singkat ini.

Mereka merangkum perasaan ini dalam lagu-lagunya sebagai pengingat singkat untuk menghargai apa yang kita miliki termasuk orang-orang yang kita sayangi.

Selain itu, album ini juga berisikan berbagai musisi berbakat seperti Mario Camarena yang memainkan solo gitar di KALA, Adeliesa yang bernyanyi di Another night awake with you on my mind, dan Eky Rizkani yang bermain piano dan bernyanyi dalam Masa.

Di era ‘playlist’ saat ini, di mana album menjadi semakin usang dari hari ke hari, eleventwelfth masih percaya pentingnya rilisan tersebut yang dapat menerjemahkan imajinasi untuk menggerakkan hati pendengarnya.

Maka dari itu, album ini dirancang bukan hanya sebagai kumpulan lagu, melainkan sebuah konsep di mana semua lagunya saling berkorelasi. Serta, dimaksudkan juga untuk memberikan pengalaman mendengarkan ‘no skip, no shuffle’.

Contohnya, pada sebelas trek dalam album ini yang dapat didengar dengan dua cara berbeda seperti berurutan dari lagu 1 ke 11 atau bisa juga sebaliknya. Hal ini dikarenakan judul trek pertama dan terakhir memiliki kata depan yang saling berkaitan yaitu ‘front’ dan ‘back’.