Cerita di Balik Penulisan <i>Rocket Man</i> yang Tidak Diketahui Elton John
Elton John (Instagram @eltonjohn)

Bagikan:

JAKARTA - Sir Elton John terkejut setelah menemukan inspirasi sesungguhnya dari lagu Rocket Man yang hit pada 1972.

Penyanyi-penulis lagu legendaris itu duduk bersama rekan penulis lagu tersebut, Bernie Taupin, dalam sebuah wawancara baru-baru ini – di mana keduanya mengungkap bahwa Sir Elton tidak pernah mengetahui cerita di balik lagu hitnya sendiri.

Sir Elton dan Taupin bertemu pada tahun 1967 setelah mereka berdua menyetujui iklan penulisan lagu. Maju lima tahun kemudian, duo ini merilis lagu hit pertama mereka - Rocket Man.

"Rocket Man adalah rekaman nomor satu pertama kami menurut saya - dan itu ada di album Honky Chateau," kata Sir Elton.

“Itu adalah lagu yang cukup mudah untuk ditulis melodinya karena ini adalah lagu tentang luar angkasa jadi ini adalah lagu yang cukup luas.”

Di sinilah Taupin menjelaskan sumber inspirasi aslinya saat menulis lagu tersebut, dan mengungkap bahwa Sir Elton tidak mengetahui arti sebenarnya dari lagu itu.

“Itu sebenarnya lagu yang terinspirasi oleh Ray Bradbury dari buku cerita pendek fiksi ilmiah berjudul The Illustrated Man,” jelasnya.

“Dalam buku itu, ada sebuah cerita berjudul The Rocket Man, yaitu tentang bagaimana astronot di masa depan akan menjadi semacam pekerjaan sehari-hari… jadi saya mengambil ide itu dan menjalankannya.”

Untuk ini, Sir Elton menjawab: "Tahukah Anda, saya tidak pernah tahu itu ..."

Sejak dirilis, Rocket Man telah mendapatkan sertifikasi double platinum, dan terdaftar dalam daftar 500 lagu terbaik Rolling Stone sepanjang masa.