Berpengaruh Besar di dunia Musik, Elton John dan Bernie Taupin Dianugerahi Gershwin Prize
Elton John (kanan) dan Bernie Taupin (Instagram @librarycongress)

Bagikan:

JAKARTA - Elton John dan Bernie Taupin menerima Gershwin Prize for Popular Song 2024 dari Library of Congress. Penghargaan ini diberikan atas pengaruh dan pencapaian di bidang lagu populer.

Pengumuman ini diberikan dua pekan setelah John mengukuhkan namanya di EGOT Hall of Fame.

Carla Hayden selaku Librarian of Congress mengatakan, penghargaan kepada John dan Taupin diberikan karena telah menulis beberapa lagu paling berkesan.

“Karier mereka menonjol karena kualitas dan daya tarik musik mereka yang luas serta pengaruh mereka terhadap sesama artis. Lebih dari 50 tahun yang lalu, mereka datang dari luar negeri untuk memenangkan hati orang Amerika dan penonton di seluruh dunia dengan lagu-lagu indah dan lagu rock mereka,” kata Carla Hayden, melansir People, Rabu, 31 Januari.

“Kami bangga memberi penghargaan Gershwin Prize ini kepada Elton dan Bernie, atas dampak luar biasa mereka terhadap generasi pecinta musik,” lanjutnya.

Penghormatan untuk John dan Taupin akan berlanjut dengan konser tribute yang akan berlangsung di Washington pada 20 Maret mendatang.

"Saya telah menulis lagu bersama Bernie selama 56 tahun, dan kami tidak pernah berpikir bahwa suatu hari nanti hal ini akan dianugerahkan kepada kami. Merupakan kehormatan yang luar biasa bagi dua orang Inggris untuk diakui seperti ini. Saya sangat tersanjung," kata Elton John.

“Berada di satu rumah bersama dengan para penulis lagu Amerika yang hebat, bahkan berada di jalur yang sama adalah suatu hal yang merendahkan hati, dan saya sangat senang menerimanya,” timpal Bernie Taupin.

Sebagai informasi, Elton John dan Bernie Taupin pertama kali bertemu pada tahun 1967. Mereka telah menulis lagu bersama selama lebih dari 50 tahun.

Pada tahun 1973, mereka mencetak single No.1 AS pertama lewat lagu Crocodile Rock. Beberapa kolaborasi terbesar mereka juga hadir dalam Goodbye Yellow Brick Road, Don’t Let the Sun Go Down on Me, Bennie and the Jets, Your Song, Rocket Man, dan Tiny Dancer.