Dianggap Rasis, Penyanyi Lagu Piala Dunia 2022 Myriam Fares Hapus Wajah Hitam dari Video Klip <i>Goumi</i>
Myriam Fares (Instagram @myriamfares)

Bagikan:

JAKARTA - Penyanyi lagu Piala Dunia 2022, Myriam Fares menyunting cuplikan dari sebuah video musik yang memperlihatkan dirinya dengan wajah hitam.

Video klip lagu Goumi (2018) kini sudah diperbarui di YouTube setelah mendapat kecaman.

“Kami sekarang sangat sadar akan serangan yang lolos dari penilaian kami ketika kami meluncurkan video musik karena itu tidak pernah disengaja,” kata tim Myriam melalui Rolling Stone.

“Ketika Myriam menyeberang untuk menjadi artis internasional, kami menyadari bahwa ini mungkin ofensif,” lanjut pernyataan itu.

"Bukan niat kami untuk mengangkat masalah sensitif apa pun, karena kami benar-benar tidak bermaksud menyinggung, kami hanya ingin menggambarkan kecantikan wanita dari budaya yang berbeda."

Menurut manajemen Myriam, sudah ada beberapa upaya untuk menyunting ulang video musik tersebut sebelumnya.

Namun, permintaan tersebut ditolak YouTube karena platform tersebut tidak menganggap permintaan tersebut sebagai "alasan yang sah".

Meskipun tim Myriam dapat dengan mudah menghapus video dan mengunggah rekaman yang baru diedit, ini berarti trek tersebut akan kehilangan jumlah penayangan yang telah terkumpul.

Akhirnya, kesepakatan dibuat dengan YouTube, yang berarti citra bermasalah dapat dihapus dari unggahan aslinya.

Hampir satu setengah menit cuplikan telah dihapus dari video itu, dan sekarang hanya menampilkan Myriam, dengan warna kulit aslinya, melakukan koreografi yang sama.

Goumi memicu kontroversi setelah dirilis secara resmi di mana banyak media berbahasa Arab dan penggemar mengkritik penyanyi asal Lebanon tersebut.

“Tidak boleh diterima bagi orang Arab non-kulit hitam untuk mengecat kulit mereka dengan warna hitam atau budaya orang berkulit Hitam yang sesuai,” tulis Mille World pada tahun 2018.

“Tentu saja tidak selama rasisme merajalela di sebagian besar negara, dan tentu saja tidak sementara kata Arab untuk 'budak' masih digunakan secara bergantian dengan 'hitam'.”

Sementara itu, pada perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar belum lama ini, Myriam mengambil bagian dalam lagu Tukoh Taka bersama rapper AS Nicki Minaj dan penyanyi Kolombia Maluma. Ini jadi lagu pertama Piala Dunia yang menampilkan lirik bahasa Arab, Inggris dan Spanyol.