Bagikan:

JAKARTA – Band asal Jawa Barat, Lair, menggaet Monica Hapsari dalam single baru bertajuk Setan Dolbon di bawah naungan Orange Cliff Records pada 13 Maret lalu.

Kolaborasi ini berawal dari proyek residensi musik Monica Hapsari dengan Jatiwangi Art Factory di Jawa Barat pada 2021 silam, yang akhirnya menelurkan beberapa karya salah satunya yakni Setan Dolbon.

Kini, kehadiran Setan Dolbon di berbagai layanan streaming, dikabarkan mereka melalui Instagram dengan mengunggah sampul lagu tersebut beberapa waktu lalu.

“Bismillahirohmanirohim, single launch today alias meluncur hari ini, Senin 13 Maret 2023,” mereka membuka.

“SETAN DOLBON dari @lairmusik x @monicahapsari tersedia sekarang di berbagai layanan streaming,” lanjutnya.

Tak hanya kabar perilisan karya tersebut, Lair juga menceritakan asal muasal Setan Dolbon yang ternyata berasal dari kisah mitos yang terjadi di daerah Jawa Barat.

“Pada tahun 2013 di Jatiwangi dan sekitarnya, terjadi fenomena yang memberi dampak ketakutan di desa. Pada masa itu, terdapat penemuan benda yang diduga tinja / feses manusia, berulang kali di area perumahan warga,” urai mereka.

Berbagai spekulasi mulai melanda kejadian tersebut. Namun, sayangnya tidak ada satu pun yang dapat memecahkan kasus itu hingga saat ini.

“Kabar burung beredar mulai dari spekulasi ulah binatang, hingga dugaan ritual ilmu hitam pesugihan. Keresahan memuncak hingga memaksa instansi Kepolisian setempat turun tangan menyelidiki,” jelas mereka.

“Hingga detik ini, kasus menggegerkan tersebut tidak pernah terselesaikan dan dikenal sebagai legenda, SETAN DOLBON,” imbuhnya.

Sejumlah nama yang terlibat dalam penggarapan musik ini di antaranya yakni Ozy Pangestu (teknisi rekaman dan mixing-mastering), arrzal (teknisi rekaman dan mixing-mastering), Alwi (sampul lagu), Lair (musik, vokal, lirik dan produser), dan Monica Hapsari (musik, vokal, lirik, dan produser).