Gudfest 2023 Batal Digelar Gegara Proses Refund <i>Event</i> 2022 Belum Kelar
Poster event Gudfest 2023 (Instagram @gud.festival)

Bagikan:

JAKARTA - Promotor Gudlive membatalkan penyelenggaraan Gudfest 2023 yang sedianya digelar pada 19 Maret mendatang.

Dalam pengumuman resmi melalui media sosial, Gudlive menyatakan pembatalan ini berkaitan dengan isu yang berkembang terkait proses refund Gudfest 2022 yang belum kelar.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, penyelenggara memutuskan untuk membatalkan acara yang sedianya bakal menampilkan Sum 41 dan sejumlah artis lokal semisal NTRL, Summerlane, Rocket Rockers, Closehead, Stereo Wall, dan Anarcute itu.

"Pemberitahuan. Dengan berat hati kami menyampaikan kabar ini, melihat dari beberapa aspek dengan konsekuensi nya dan pertimbangan secara mendalam. Kami menyatakan pemberhentian GUDFEST 2023, Permohonan maaf sebesar besarnya dari kami atas segala hal yang terjadi," tulis Gudlive dalam keterangan di media sosial.

Dalam pernyataan itu, penyelenggara juga menduga adanya ancaman mobilisasi massa ke event Gudfest 2023 yang dikhawatirkan akan membuat keonaran dan mengganggu jalannya event.

"Sebagai promotor, kami tidak bermaksud menjadikan semua ini sebagai lelucon tetapi kami hanya berusaha mencegah upaya pihak-pihak yang diduga ingin mengambil tindakan berlebihan di acara kami," kata Gudlive.

Sebelumnya diberitakan, tiga bulan sejak dibatalkannya event Gudfest 2022, proses pengembalian refund tidak berjalan dengan baik.

Gudfest 2022 sedianya akan dihelat pada 18-20 November di Gelora Bung Karno Area. Tapi, lima hari sebelum hari H, Gudlive menyatakan event tersebut ditunda hingga Maret 2023.

"Gudfest 2022 resmi ditunda ke Maret tahun depan," bunyi keterangan resmi Gudlive di akun Instagram mereka pada 14 November. Namun, mereka tidak merinci alasan ditundanya Gudfest 2022 dan hanya menyebut ada alasan teknis yang belum terpenuhi.

Kekecewaan para pembeli tiket pun tak terbendung membanjiri kolom komentar Instagram Gudfest. Mereka meminta penyelenggara mengembalikan uang yang sudah dikeluarkan, sesuai harga tiket.

Belum juga proses refund untuk Gudfest 2022 rampung, Gudlive mengunggah flyer untuk event gelombang kedua yang dijadwalkan Maret 2023 dengan line-up berbeda. Sum 41 sebagai headliner, didukung oleh NTRL dan Summerlane serta Rocket Rockers, Stereo Wall, dan banyak lagi lainnya.

Kini, event tersebut bahkan dibatalkan.