Bagikan:

JAKARTA – Kontrak pelaksanaan ajang MotoGP Mandalika dengan pihak Dorna Sports masih tinggal tujuh kali alias masih akan berlangsung sampai dengan 2031.

Kepastian tersebut dikonfirmasi oleh Direktur Komersial Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC), Troy Reza Warokka, di Lombok Tengah pada Rabu, 2 Oktober 2024.

"Kontrak dengan Dorna masih tujuh kali lagi," kata Reza kepada wartawan, dilansir Antara.

MotoGP Mandalika sejauh ini telah menyelenggarakan tiga balapan. Berturut-turut dimulai dari 2022, 2023, dan terakhir 2024 yang baru kelar akhir pekan kemarin.

Penyelenggaraan MotoGP Indonesia ini merupakan salah satu upaya untuk memajukan sports tourism di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang telah ditetapkan menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN).

Reza mengatakan bahwa pelaksanaan MotoGP Indonesia dari tahun ke tahun lebih baik dan antusias penonton terus naik karena side event yang digelar cukup banyak.

"Semua itu untuk mendukung pertumbuhan ekonomi UMKM sehingga semua mendapatkan dampak positif terhadap pengembangan kawasan ini," katanya.

Pebalap asal Spanyol, Jorge Martin, keluar sebagai juara dalam balapan MotoGP Mandalika 2024. Hasil itu membuat dia kian kokoh di puncak klasemen sementara pebalap.

Runner-up musim 2023 tersebut sekarang mengoleksi 366 poin atau unggul sebanyak 21 poin dari juara bertahan Francesco Bagnaia yang menempati posisi kedua.