Bagikan:

JAKARTA - Video musik Wind Of Change dari Scorpions telah melampaui satu miliar penayangan di YouTube. Lagu power ballad ini awalnya diunggah ke platform tersebut pada November 2009.

Mundur ke belakang. Vokalis Klaus Meine dan rekan bandnya menulis Wind Of Change setelah tampil di Moscow Music Peace Festival tahun 1989 di Moskow, di mana mereka berbagi panggung dengan band hard rock lainnya seperti Bon Jovi dan Motley Crue.

Lagu tersebut terinspirasi oleh pemandangan ribuan orang Rusia yang menyemangati mereka pada tahun 1988 — saat mereka menjadi band hard rock pertama yang bermain di Negeri Beruang Merah — dan pada 1989, di festival yang disebutkan di atas, meskipun mereka band dari Jerman.

Pada Maret 2022, pada konser pembukaan residensi "Sin City Nights" Scorpions di Teater Zappos di Planet Hollywood Resort & Casino Di Las Vegas, Nevada, Meine memberi pesan khusus sebelum menyanyikan Wind Of Change.

"Lagu ini memanggil untuk perdamaian, dan malam ini, saya pikir, kita akan menyanyikannya lebih keras. Kami mendedikasikan ini untuk orang-orang pemberani di Ukraina," kata Meine.

Dalam wawancara dengan pembawa acara "Loudwire Nights" Toni Gonzalez, Klaus menjelaskan proses pemikiran di balik perubahan lirik lagu tersebut.

"Sebelum kami datang [ke Las Vegas untuk memulai residensi], saya berpikir tentang bagaimana rasanya memainkan Wind Of Change seperti yang biasa kami mainkan selama bertahun-tahun, dan saya pikir, ini bukan waktunya dengan perang mengerikan yang berkecambuk di Ukraina berkecamuk, ini bukan waktunya untuk meromantisasi Rusia dengan lirik seperti, 'Follow the Moskva / Down to Gorky Park,' you know?'" dia berkata.

"Saya ingin membuat pernyataan untuk mendukung Ukraina, dan lagu itu dimulai sekarang dengan, 'Now listen to my heart / It says Ukraine, waiting for the wind to change.'"