Video Klip <i>November Rain</i> dari Guns N' Roses Tembus 2 Miliar Penayangan di YouTube
Formasi Guns N' Roses sekarang (Instagram @gunsnroses)

Bagikan:

JAKARTA - Video klip November Rain dari Guns N' Roses melampaui dua miliar penayangan di YouTube. Klip yang pertama kali dirilis 31 tahun lalu itu baru diunggah ke platform tersebut pada Desember 2009.

Dirilis dalam album Use Your Illusion I pada tahun 1991, versi orisinal November Rain berdurasi sembilan menit tujuh belas detik.

Video klip yang menyertainya mengikuti kisah seorang bintang rock bermasalah (diperankan oleh vokalis Axl Rose), pacarnya (diperankan oleh kekasih Axl saat itu, Stephanie Seymour), dan bunuh diri misteriusnya.

Pada tahun 2018 silam, video klip November Rain menjadi video musik tertua yang mencapai satu miliar penayangan di YouTube.

"Ini adalah produksi yang epik," kenang Slash kepada penulis Clay Marshall.

Slash juga mengungkapkan dalam otobiografinya bahwa versi paling awal berdurasi 18 menit dari November Rain direkam pada sesi dengan gitaris Manny Charlton (dari band rock Nazareth) pada tahun 1986, sebelum sesi untuk album debut GN'R, Appetite For Destruction, dimulai.

Dalam wawancara tahun 2014 dengan HuffPost Live, Slash mengakui bahwa dia tidak tahu makna di balik video klip November Rain. "Kamu tahu apa?! Terus terang, saya tidak tahu," jawab Slash ketika ditanya tentang arti klip itu.

"Yah, itu adalah sebuah konsep. Lagu itu sendiri cukup jelas, tetapi videonya sangat kompleks. Dan saya ingat ketika Axl menulisnya, itu menjadi… sangat epik, seperti film."