Bagikan:

JAKARTA - Sudah 2 tahun lamanya Ada Band berjalan dengan vokalis barunya, Indra Sinaga atau yang akrab dengan panggilan Naga. Sejauh ini, format baru Ada Band itu telah menghasilkan tiga buah single.

Lagu terakhir Ada Band, Kenalan Dulu Aja menampilkan gaya musik yang berbeda dari lagu-lagu hits yang sebelumnya sudah ada. Dengan lirik yang lebih tegas serta dibalut sound dan rhythm yang lebih funky, single terakhir mereka itu mengusung gaya dance music yang lebih dekat dengan pendengar dari generasi saat ini.

Bagi tiga personel lain, Dika (bass), Marshal (gitar) dan Adhy (drum), kehadiran Naga menjadi pembeda dalam proses kreatif Ada Band. “Kedatangan Naga membawa angin segar, bawa referensi musik (baru),” kata Adhy saat ditemui di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan pada Kamis, 23 Desember.

Adhy mengaku bahwa gaya musiknya berubah setelah menjalani proses bersama dengan Naga dalam dua tahun terakhir. “Kalau kita menutup diri ya aneh, justru dengan adanya Naga kita berpikir bahwa ternyata musik itu luas. Yang selama ini kita malas dengan musik-musik kekinian, sekarang kita jadi ikut-ikutan untuk dengerin. Otomatis itu berpengaruh ke gaya musik kita juga,” ungkapnya.

Dengan rencana Ada Band untuk merilis album baru di tahun 2023, karakter musik berbeda yang ditampilkan dalam single Kenalan Dulu Aja bukan tidak mungkin terulang.

Naga sebagai vokalis merasa bahwa sudah sewajarnya jika Ada Band menampilkan hal baru yang berbeda dari apa yang selama ini dikenal oleh para pendengar. “Memang eksplorasi pasti, kaya kita di lagu Kenalan Dulu Aja. Tapi kalau secara ekstrem berubah, mungkin kaya Ada Band musiknya kaya Billie Eilish ya enggak sinkron juga kan. Jadi tetap memperhatikan yang sudah kekinian tapi enggak merusak bingkai yang udah dibentuk Ada Band,” kata Naga.

Adapun apa yang mereka lakukan adalah bagian dari upaya untuk memperkenalkan Ada Band sebagai sebuah grup kepada generasi yang lebih muda. Berdasarkan pengakuan mereka, banyak orang yang mengenali lagu-lagu Ada Band namun tidak mengenali para personelnya.

Lebih lanjut, Naga juga mengungkap bahwa Ada Band akan lebih aktif memperkenalkan diri kepada generasi saat ini. Tidak hanya untuk hal-hal yang bersifat musikal, namun juga hal lain yang non-musikal.

“Dulu anak band cenderung enggak mau ngurusin media sosial, cuma sekedar upload doang. Sekarang kita mikirin kita harus bikin konten kaya apa aja, semuanya benar-benar didesain sedemikian rupa karena media sosial udah jadi kaya etalase kita. Itu gebrakan yang kita buat, bikin konten di luar konten musik,” jelas Naga.