Bagikan:

JAKARTA - Kreativitas bermusik Rio Adiwardhana memang tidak diragukan lagi. Pada 30 Mei kemarin, penyanyi, songwriter dan juga pemain gitar ini meluncurkan single berjudul Cinta Tak Harus Memiliki via CatNClaw.

Dalam single kedelapannya ini, Rio Adiwardhana memberikan sentuhan musik yang agak berbeda dibandingkan dengan single-single sebelumnya. Masih tetap ear catching, lagu ini menampilkan permainan solo gitar Rio Adiwardhana yang begitu renyah.

Cinta Tak Harus Memiliki adalah lagu yang dibuat sejak tahun 2006. Proses yang panjang ini disebabkan oleh pemilihan nuansa dan tata lagu yang sangat dipertimbangkan dengan teliti.

"Selain itu, proses aransemen dari lagu ini mengalami beberapa kali perubahan yang cukup signifikan," kata Rio Adiwardhana.

Dalam keterangan resminya, Rio Adiwardhana mengungkap, inspirasi lagu ini datang dari curahan hati sahabatnya. Ya, Cinta Tak Harus Memiliki adalah sekuel pertama dari tiga lagu yang dia siapkan berdasarkan cerita tadi.

Meskipun bertema cinta, nuansanya menunjukkan ketegaran hati seorang pria ketika melepas kepergian sang wanita. Keduanya tidak mungkin bisa bersatu karena alasan mendasar meskipun mereka masih saling mencintai.

"Cinta Tak Harus Memiliki ini lagu yang saya tulis sendiri, berasal dari kisah nyata. MH (inisial nama sahabatnya), lagu ini buat lo. Mudah-mudahan ini bisa mengobati rasa kangen," kata Rio Adiwardhana saat peluncuran video klip lagu Cinta Tak Harus Memiliki di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Kamis malam.

Peluncuran video klip lagu Cinta Tak Harus Memiliki di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Kamis malam (Foto: Dedi Yondra)

Lagu Cinta Tak Harus Memiliki sudah tersedia di seluruh layanan musik digital. Video musiknya sudah tayang di kanal YouTube CatNClaw dan Rio Adiwardhana official.