Bagikan:

JAKARTA - PT Astra Honda Motor (AHM) bersama main dealer resminya PT Wahana Makmur Sejati (WMS) wilayah Jakarta sampai Tangerang menggelar ESG Mission, Engaging for The Future: EV Experience.

Kegiatan tersebut mengusung tema Urban Eco Ride with Journalist: Berkendara Ramah Lingkungan dengan Honda EM1 ini merupakan bagian upaya mewujudkan program Environmental, Social, and Governance (ESG) secara berkelanjutan.

Kegiatan tersebut diikuti total 20 Jurnalis yang tergabung dalam Forum Wartawan Otomotif (Forwot) termasuk juga tim VOI berkesempatan merasakan langsung ekosistem motor listrik Honda.

"ESG Mission, Engaging for The Future: EV Experience tak cuma mengajak media merasakan langsung ekosistem motor listrik Honda. Kami juga mencoba menyebarluaskan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan kepada masyarakat," kata Division Head of Marketing Planning & Analyst PT WMS Andra Friandana, di Jakarta, Sabtu, 15 Juni.

4

ESG Mission, Engaging for The Future: EV Experience dimulai dengan city touring dari PT Wahanaartha Ritelindo (WARI) Ciputat. Sebanyak 15 unit sepeda motor listrik Honda, yakni EM1 e: ditunggangi oleh para awak media. Lima unit motor Honda lainnya yang dikendari oleh para awak media adalah tipe Stylo.

Titik pemberhentian pertama city touring adalah gerai restoran Kyochon di Kemang 88. Selanjutnya, city touring berlanjut ke Gedung Wahanaartha di Gunung Sahari, Jakarta. Total jarak tempuh dalam city touring ini sekitar 30 km.

3

Sesampainya di Gedung Wahanaartha, para peserta mengikuti paparan mengenai product knowledge, khususnya kecanggihan EM1 e:. Setelah itu, para peserta menyambangi e: Shop dan e: Corner di area gedung yang sama. Di sini, para awak media menerima penjelasan seputar layanan penjualan EM1 e:.

ESG Mission, Engaging for The Future: EV Experience berlanjut dengan Area Service. Di area ini, para peserta menyimak penjabaran mengenai layanan servis motor EM1 e:. Terakhir, para peserta mendapat pemaparan mengenai layanan ERA/Honda Care.

ESG Mission, Engaging for The Future: EV Experience juga memancarkan semangat Sinergi Bagi Negeri dengan adanya sinergi antara pelaku usaha dan media.

Sinergi ini makin berarti dengan kehadiran Tim Safety Riding Promotion (SRP) PT WMS selama kegiatan berlangsung. Alhasil, ESG Mission, Engaging for The Future: EV Experience menjadi langkah aktif para pemangku kepentingan sepeda motor Honda dalam bidang ESG melalui layanan produk sepeda motor listrik, lingkungan, pendidikan, keselamatan berkendara, dan wirausaha.

Sensasi berkendara EM1 e:

4

Seperti disebutkan di atas, Tim VOI juga berkesempatan mengikuti kegiatan ini dan menjajal langsung motor Honda EM1 e:. Tarikan pertama motor ini tergolong instan tapi tetap smooth.

Ketika melewati berbagai kontur jalan suspensinya juga tergolong nyaman dan handlingnya dewasa berkat bobotnya yang juga ringan. Motor listrik satu ini punya berat kosong 94 kg dan 96 kg pada tipe Plus. Jika sudah terisi baterai maka cukup ditambahkan 10,2 kg sebagai bobot 1 baterai. Ketika diajak menikung dan berpindah arah tergolong sangat mudah.

Dari sisi kenyamanan tak perlu diragukan lagi, motor listrik satu ini sudah dibekali dengan pengereman cakram mungil yang diapit kaliper 1 piston di depan dan tromol pada roda belakang. Meski begitu, sudah disematkan Combi Brake System (CBS) dan tidak ketinggalan fitur parking brake lock.

4

Terdapat dua mode berkendara yang ditawarkan dengan kecepatan yang berbeda. Untuk mode econ tim VOI bisa mencapai 30 km/jam, sedangkan untuk mode standar bisa mencapai 50 km/jam. Honda EM1 e: menggunakan mesin listrik model hub atau yang menyatu dengan pelek. AHM menyebutnya in-wheel 3 phase brushless dengan klaim tenaga maksimal 2,31 PS pada 540 rpm dan tenaga rata-rata di angka 0,78 PS.