Brutale 1000 RR Assen Edisi Terbatas, Mengenang Masa Kejayaan MV Agusta di Sirkuit Belanda
MV Agusta Brutale 1000 RR Assen. (Dok. MV Agusta/Instagram)

Bagikan:

JAKARTA - MV Agusta kembali memperkuat warisan sejarahnya yang dikenal sebagai pabrikan sepeda motor dengan performa tinggi yang selalu diproduksi dalam jumlah terbatas. Kali ini, mereka merayakan 35 kemenangan bersejarah di Sirkuit Assen, Belanda, dengan peluncuran MV Agusta Brutale 1000 RR Assen.

Diketahui, MV Agusta memiliki sejarah kemenangan yang mengesankan di Sirkuit Assen dengan total 35 kemenangan. Kisah ini dimulai pada tahun 1976 ketika pembalap legendaris Italia, Giacomo Agostini, meraih kemenangan kelas 350 cc.

Motor edisi terbatas terbaru ini adalah hasil desain presisi oleh para ahli dan dibangun dengan suku cadang khusus, menciptakan sepeda motor yang begitu memukau. Dilansir dari Rideapart, Senin, 11 September, setiap detail diperhatikan, mulai dari emblem khusus, plakat, panel serat karbon, pelat samping aluminium, hingga pelapis Alcantara biru dan penyelesaian khusus di seluruh bagian motor.

5

Berdasarkan model Brutale 1000 RR yang memukau, edisi Assen ini mendapat sentuhan desain eksotis. MV Agusta memilih skema warna yang unik dengan gabungan Blu Nordico, Argento Ago, dan sentuhan warna Emas yang memikat.

Bagian suspensi depan dilengkapi dengan fitur pre-load manual, sementara bagian belakang memiliki penyesuaian preload pegas yang dapat diatur secara elektronik. Brutale 1000 RR Assen memiliki suspensi depan dari Ohlins Nix EC 43mm dengan travel 120mm, serta shock belakang juga dari Ohlins EC TTX dengan travel 120mm. Sistem pengereman ditingkatkan dengan cakram mengambang ganda berukuran 320 mm di bagian depan dan satu cakram baja berukuran 220 mm di bagian belakang.

Untuk mengurangi bobot, Brutale edisi khusus ini menggunakan pelek serat karbon Rotobox yang dihiasi dengan tenunan biru yang memikat. Hasilnya, motor ini hanya memiliki bobot 183 kg. Pelek depan berukuran 3,5 x 17 inci, sedangkan pelek belakang berukuran 6 x 17 inci. Keduanya dilengkapi dengan ban berukuran 120/70 R17 dan 200/55 R17. 

Meskipun banyak perubahan dalam desain, MV Agusta tetap mempertahankan mesin Brutale 1000 RR standar untuk edisi khusus ini. Motor ini ditenagai oleh mesin 998 cc standar Euro 5 4-silinder segaris yang mampu menghasilkan hingga 208 dk dan torsi 116,5 Nm.

Bagi para penggemar yang siap mengeluarkan uang lebih untuk motor ini, MV Agusta juga menawarkan kit Special Parts yang akan menambah eksklusivitas Brutale. Komponen-komponen ini termasuk knalpot Titanium Arrow, tuas rem dan kopling mesin CNC, sarung jok penumpang serat karbon, tutup bahan bakar aluminium, dan bahkan penutup sepeda motor untuk melindungi mahakarya ini.

MV Agusta Brutale 1000 RR Assen hanya akan tersedia dalam jumlah terbatas, yaitu 300 unit dan harganya masih belum diungkapkan. Setiap unit akan dirakit secara manual di Italia, menunjukkan komitmen pabrikan terhadap sejarah dan prestasi mereka di Sirkuit Assen.