JAKARTA - MV Agusta Superveloce 1000 Serie Oro resmi meluncur, setelah pertama kali tampil sebagai sebuah konsep pada 2022 silam, dan sebagai prototipe yang mejeng di EICMA.
Terdapat banyak hal menarik dari motor yang hanya diproduksi 500 unit dan dibanderol per unitnya lebih dari 70 ribu dolar AS (setara Rp1,13 miliar) mulai dari tampilan yang modern serta dibekali dengan inovasi teknologi yang tak tertandingi.
Mengutip dari laman resmi perusahaan, berikut beberapa hal menarik dari motor satu ini.
Desain
MV Agusta Superveloce 1000 Serie Oro yang baru adalah mimpi sekaligus karya seni. Elemen gaya khas Superveloce sangat kental, mencangkup lampu de[an bulat yang merujuk pada masa lalu MV Agusta, garis horizontal, hingga peningkatan estetika yang menggunakan serat karbon.
Salah satu elemen yang paling menonjol, baik secara teknis maupun gaya, adalah kehadiran sayap aerodinamis, menandai paradigma baru dalam desain dan pengembangan model baru MV
Bahan yang dipilih untuk memberikan bentuk estetis pada Superveloce 1000 Serie Oro adalah serat karbon, yang digunakan dalam dua proses berbeda, ditempa dan dilaminasi, untuk menambah kehalusan gaya lebih lanjut. Total ada 41 komponen berbahan serat karbon, termasuk penyangga dasbor, pelindung rantai, fairing penuh, dan bagian lain dalam kit khusus.
Sasis
Motor satu ini disematkan rangka teralis yang terbuat dari tabung baja berkekuatan tinggi dipadukan dengan pelat aluminium yang mengaitkan lengan ayun satu sisi, juga terbuat dari paduan aluminium.
Kenyamanan
Superveloce 1000 Serie Oro dilengkapi sistem suspensi elektronik Öhlins. Di bagian depan, ia memiliki garpu terbalik berdiameter 43mm dengan travel 120mm dapat disetel secara elektronik untuk kompresi, rebound, dan penyesuaian preload pegas manual.
Untuk mengoptimalkan stabilitas, paket suspensi mencakup peredam kemudi Öhlins yang dapat disetel secara elektronik, yang mampu melakukan intervensi otomatis atau pengaturan manual untuk memungkinkan pengendara memutuskan pengaturan terbaik sesuai kebutuhan.
Mesin
Superveloce 1000 Serie Oro mengusung mesin empat silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga 208 HP pada 13.000 RPM dan torsi 116,5 Nm pada 11.000 RPM dengan katup berbahan titanium. Dikendalikan oleh sistem manajemen mesin MVICS 2.1 MV Agusta, mesin empat silinder ini ditenagai oleh delapan injektor dengan throttle body berdiameter 50 mm.
Gearbox enam kecepatan, dilengkapi quick shifter naik-turun, menyalurkan tenaga ke roda belakang melalui penggerak akhir rantai. Throttle ride-by-wire dan kontrol jelajah adalah standar, begitu pula delapan tingkat kontrol traksi dan empat mode berkendara termasuk mode kustom