Bagikan:

JAKARTA - Tak hanya berhasil mengusik pemain-pemain lama di industri kendaraan roda empat, produsen sepeda motor asal Cina juga berkembang amat pesat bahkan semakin mendekati penciptaan superbike kelas dunia.

QJMotor saudara kandung Benelli yang sama-sama dimiliki oleh Qianjiang Group salah satunya, berkolaborasi dengan MV Agusta produsen asal China ini tengah bersiap memproduksi superbike SRK1000RR.

Meskipun spesifikasi dan kemampuan motor belum secara resmi diungkapkan, dikutip dari MCN, 22 Agustus, keberadaan motor ini telah dikonfirmasi dalam pertemuan diler QJMotor, dengan rencana peluncuran menjelang akhir tahun 2023 dan produksi dijadwalkan dimulai pada kuartal pertama tahun 2024.

4

Asal-usul motor ini dapat ditelusuri kembali hingga September 2020 ketika Qianjiang merilis rencana untuk membuat superbike empat silinder dari Benelli. Jelas bahwa mesinnya berasal dari MV Agusta, yang pada saat yang sama menandatangani kesepakatan distribusi untuk China dengan Qianjiang.

Hubungan ini semakin jelas pada tahun 2021 ketika MV memperlihatkan prototipe sepeda petualangan twin paralel 554 cc bernama Lucky Explorer 5.5. Dengan bodi MV, Lucky Explorer membawa mesin dan rangka Qianjiang, yang dibagikan dengan Benelli TRK502 dan QJMotor SRT550.

Sementara SRK1000RR memiliki rangka dan lengan yang mudah dikenali sebagai bagian dari MV Brutale 1000 RS, tetapi QJMotor memiliki desain bodi dan sistem knalpotnya sendiri.

QJMotor telah mendapatkan persetujuan tipe SRK di Cina, dengan dokumen yang mencakup spesifikasi dan gambar sepeda yang sudah jadi mencakup berat 215kg dan jarak sumbu roda 1425mm - 10mm lebih panjang dari Brutale 1000 RS. Ban belakang lebar 190 dan ban depan 120 dan memakai pelek 17 inci.

SRK1000RR akan memiliki mesin versi 921cc dari mesin empat silinder MV Agusta, menghasilkan tenaga yang lebih rendah dari Brutale 1000 RS.

Lalu suspensi Marzocchi juga berasal dari Brutale 1000 RS, tetapi pada tahun 2022 perusahaan induk QJMotor, Qianjiang, bertanggung jawab untuk memproduksi suku cadang Marzocchi, sehingga sebenarnya dibuat di China.