Bagikan:

JAKARTA – Pebalap Aldi Satya Mahendra memastikan diri sebagai orang Indonesia pertama yang berhasil menjadi juara dunia FIM Supersport 300 World Championship atau WorldSSP300.

Dia mengamankan gelar setelah finis keenam pada Race 2 putaran Spanyol di Sirkuit Jerez yang menutup musim 2024 pada Minggu, 20 Oktober 2024.

"Luar biasa ini merupakan mimpi saya. Saat saya masih kecil, saya ingin balapan di sini karena saya melihat kakak saya balapan di sini. Jadi, saya ingin seperti dia," ujar Aldi dikutip dari Crash.

Kakak yang dimaksud oleh Aldi adalah Galang Hendra Pratama, yang juga pemenang balapan WorldSSP300. Galang menjadi salah satu rivalnya tahun ini di tim ProGP NitiRacing.

Aldi yang berusia 18 tahun dan hadir sebagai rookie total meraih satu kemenangan dan delapan podium. Ia meraih kesuksesan dengan koleksi 221 poin atau unggul 21 poin atas rivalnya asal Belanda, Loris Veneman.

Gelar WorldSSP300 menunjukkan kenaikan Aldi di ajang balap World Superbike setelah musim lalu jadi runner-up di Kejuaraan R3 bLU cRU. Ketika itu, dia meraih lima kemenangan dan tujuh podium dari 12 balapan.

"Sungguh luar biasa untuk saya dan keluarga. Saya sangat gembira. Saya orang Indonesia pertama yang menjadi juara dunia. Luar biasa," ujar Aldi.

FIM Supersport 300 World Championship adalah balapan motor pendukung seri superbike. Balapan di level ini menggunakan motor produksi masal.

WorldSSP300 dimulai pada 2017. Balapan ini diadakan sebagai batu loncatan bagi pebalap muda untuk tampil di kelas lebih tinggi Superbike.