Sebelum Dikirim ke Dealer, MV Agusta Pangkas Harga Motor Adventure Enduro Veloce
Enduro Veloce. (Dok. MV Agusta)

Bagikan:

JAKARTA - Inilah mahakarya terbaru MV Agusta diberi nama Enduro Veloce yang baru diluncurkan. Nah, ternyata sebelum dikirim ke dealer-dealer resmi, pabrikan motor asal Italia ini baru saja memangkas harga motor adventure terbaru ini.

4

Enduro Veloce dilengkapi dengan mesin baru 931 cc yang menampilkan solusi teknis ikonis yang telah dikenal pada mesin tiga silinder segaris MV Agusta generasi baru: poros engkol berputar berlawanan. Mesin ini, yang sepenuhnya dirancang, dikembangkan, dan dibangun di pabrik perusahaan, menonjol karena bobotnya yang ringan, hanya 57 kg, dan ukurannya yang sangat kompak. Dengan efek giroskopik yang mengurangi efek dari roda depan, poros engkol yang berputar berlawanan memungkinkan perubahan arah yang sangat cepat. Enduro Veloce memiliki tenaga maksimal 124 hp pada 10.000 rpm dan torsi 102 Nm pada 7.000 rpm.

4

Motor ini dilengkapi dengan teknologi terkini, termasuk empat mode berkendara: Urban, Touring, Off-Road, dan Custom All-Terrain. Kontrol traksi menawarkan delapan tingkat intervensi, dengan lima untuk penggunaan jalan, dua untuk off-road, dan satu untuk kondisi basah. Pengendara juga dapat menyesuaikan respons ECU elektronik berdasarkan jenis ban yang mereka gunakan (jalan raya atau off-road). Selain itu, terdapat dua tingkat intervensi rem mesin, serta Cruise Control dan Launch Control. Layar TFT HD 7 inci memungkinkan koneksi Bluetooth dan Wi-Fi, serta dapat disesuaikan untuk kecerahan dan tata letak grafis.

3

Awalnya, dilaporkan Visordown, dikutip 2 Mei, motor ini dihargai sebesar 21.800 poundsterling (sekitar Rp442 juta) untuk pasar Inggris. Namun, harga tersebut dianggap terlalu tinggi dibandingkan dengan pesaing sekelasnya yang lebih besar dan bertenaga, seperti Ducati Multistrada V4 (20.495 poundsterling atau sekitar Rp415 juta) dan BMW R 1300 GS Adventure (16.360 poundsterling atau sekitar Rp331 juta). Bahkan, harga Enduro Veloce juga jauh melampaui kompetitor sejatinya di kelas adventure menengah, seperti Honda CRF1100 African Twin Adventure Sports (17.599 poundsterling atau sekitar Rp356 juta) dan Triumph Tiger 900 Rally Pro (14.495 poundsterling atau sekitar Rp293 juta).

Setelah mendapat tanggapan kurang antusias pada acara peluncuran, MV Agusta segera menurunkan harga motor ini. Harga baru Enduro Veloce kini menjadi 20.000 poundsterling (sekitar Rp 370 juta), meskipun masih tergolong tinggi dibandingkan dengan kompetitornya. Motor ini akan tersedia di dealer resmi MV Agusta di Inggris mulai bulan Juni mendatang.