GasGas akan Hadirkan Motor Enduro dan SuperMoto Terbaru, Ambil Basis dari KTM 790 Duke
Motor GasGas yang berbasis dari KTM 790 Duke. (Dok. BikeWale)

Bagikan:

JAKARTA - GasGas, merek sepeda motor dari Spanyol, dilaporkan sedang menguji coba salah satu model motor bergaya petualang terbaru untuk pasar Eropa dengan menggunakan basis dari KTM 790 Duke.

Menurut laporan BikeWale, Selasa, 30 April, motor tersebut diperkirakan akan mengusung nama ES 800 dan SM 800. Untuk ES 800 akan memiliki konfigurasi pelek 19/17 inci dan SM 800 yang merupakan supermoto akan mengusung pelek 17 inci pada kedua ujung rodanya.

Selain itu, keduanya akan menggunakan kaliper rem yang telah digunakan oleh KTM, yakni J.Juan. Diperkirakan juga model terbaru ini akan menggunakan suspensi garpu USD di depan dan monoshock pada bagian belakang. Suspensi travel yang lebih tinggi akan dihadirkan pada versi enduro.

Untuk versi enduro, sepeda motor ini menggunakan ban dual-sport. Sedangkan, varian supermoto akan memiliki ban jalan raya. Selain itu, motor ini juga menawarkan performa yang mumpuni untuk motor petualang.

5

Dengan mengambil basis dari KTM 790 Duke, motor terbaru dari GasGas ini dibangun dengan sasis chromium-molybdenum yang melindungi mesin 799 cc parallel-twin menghasilkan tenaga 103 dk dan torsi 87 Nm digabungkan dengan transmisi enam percepatan.

Diperkirakan pabrikan akan menawarkan opsi yang sama seperti kembarannya, yakni dudukan kursi lebih rendah sehingga mempermudah pengendara yang berpostur kecil.

Selain itu, pengendara juga akan dimanjakan dengan berbagai fitur seperti layar TFT sederhana yang terletak di dasbor, yang memiliki pencahayaan adaptif tergantung pada tingkat cahaya sekitar yang dapat dirasakan.

KTM 790 Duke saat ini dijual di beberapa pasar, termasuk India senilai 863.558 rupee atau sekitar Rp168 jutaan.

Berbagi basis yang dilakukan oleh GasGas dan KTM merupakan hal yang lumrah. Terlebih, keduanya dinaungi oleh perusahaan yang sama, yakni Pierer Mobility AG.