Husqvarna Svartpilen 801 Tak Lama Lagi Meluncur, Motor Naked Bergaya Flat Track yang Gahar
Tangkapan Layar Video-Husqvarna Svartpilen 801

Bagikan:

JAKARTA - Berkali Husqvarna Svartpilen 801 tertangkap kamera tengah melakukan uji coba dan juga Husqvarna membagi teasernya di media sosial. Kini, Husqvarna akhirnya mengkonfirmasi kehadiran motor naked Svartpilen 801 yang lebih besar dengan mesin parallel-twin untuk tahun 2024.

Model produksi akan resmi diluncurkan pada 19 Maret mendatang. Sebelumnya, Husqvarna sudah menggoda kehadiran motor ini melalui dua video yang menampilkan prototipe motor ini beraksi di lintasan flat track dan danau beku (lengkap dengan ban studded).

Konfirmasi resmi kehadiran motor ini beserta beberapa detail spesifikasi diberikan langsung oleh Husqvarna pada 5 Maret lalu, bersamaan dengan foto-foto terbaru. 

"Model middleweight terbaru ini dirancang untuk menghadirkan performa yang kuat, kelincahan, dan gaya modern untuk membawa pengalaman berkendara ke level yang lebih tinggi," ungkap pernyataan resmi Husqvarna, dikutip dari MCN, 6 Maret.

"Keserbagunaan Svartpilen 801 semakin ditingkatkan dengan kehadiran perangkat elektronik modern untuk membantu pengendara, termasuk Easy Shift [quickshifter up/down] untuk perpindahan gigi yang mulus," lanjutnya.

7

Menurut Husqvarna, bobot motor ini berada di angka 181 kg (belum termasuk cairan seperti bahan bakar). Dalam urusan tenaga, Svartpilen 801 diklaim mampu menghasilkan sekitar 102 dk, sedikit lebih besar dibanding KTM 790 Duke yang punya tenaga 101 dk.

Perbandingan dengan KTM 790 Duke ini dilakukan karena kedua motor ini sama-sama berada di bawah naungan Pierer Mobility Group. Keduanya juga dikenal kerap berbagi komponen antar motor, seperti Svartpilen dan Vitpilen 401 yang menggunakan mesin dan rangka dari KTM 390 Duke.

6

Namun jika mengikuti kebiasaan penamaan Husqvarna sebelumnya, besar kemungkinan Svartpilen 801 menggunakan mesin twin-cylinder dari KTM 790 Duke, yang dipasangkan pada rangka baja dengan mesin sebagai bagian struktural. Lengan ayun trellis berwarna hitam juga terlihat sama, namun subframe tampaknya sedikit berbeda untuk mendapatkan tampilan flat track yang kental.

Untuk sektor kaki-kaki, Husqvarna menyebutkan penggunaan suspensi WP Apex yang bisa disetel - juga wajar mengingat WP juga bagian dari Pierer Mobility Group. Kemungkinan besar paket elektronik motor ini akan mencakup "supermoto mode" yang memungkinkan pengendara untuk mematikan ABS belakang untuk melakukan aksi skidding. Fitur ini sebelumnya sudah hadir pada KTM 790 Duke.

Dari sektor lain, Svartpilen 801 terliat dibekali dengan dashboard TFT, port pengisian daya USB, dan lampu depan LED khas Husqvarna yang membulat. Untuk menekan biaya produksi, motor ini menggunakan kunci starter konvensional alih-alih keyless ignition dan memiliki flyscreen mungil di belakang panel instrumen. Dan untuk informasi lebih lanjut dapat diketahui saat peluncuran resminya pada 19 Maret mendatang.