Bagikan:

JAKARTA - Seri sepeda motor Duke dari KTM terkenal dengan gaya futuristik dan tajam dan mungkin tidak disukai semua orang, tapi yang jelas seri Duke memiliki performa dan teknologi yang sangat mengesankan. Dari Duke 125 yang paling kecil hingga 1290 Super Duke R yang penuh tenaga, KTM selalu berusaha menjadi yang terbaik di kelasnya.

Untuk kelas terbesarnya, KTM menjanjikan KTM 1290 Super Duke R 2022 akan memiliki penerus lebih baik, lebih bertenaga, dan lebih canggih untuk edisi 2024, bahkan KTM memilih tidak membawa generasi terbaru dari motor ini dalam pameran EICMA di Milan yang baru berlangsung.

7

Akhirnya, KTM memperkenalkan generasi terbaru dari monster terbesar di jajaran Duke yaitu 1390 Super Duke R Evo. KTM dalam rilisnya juga menyebut 1390 Super Duke R Evo hadir untuk merayakan 30 tahun seri Duke, dengan rangkaian warna baru yang terinspirasi dari model pertama KTM 990 Super Duke.

Seperti pendahulunya, 1390 Super Duke R Evo tampil berotot. Rangka berwarna oranye terbuka, mesin besar, dan subframe satu bagian. Namun dari segi desain, 1390 Super Duke R Evo terlihat lebih tajam dan atletis dibandingkan 1290, dengan perubahan terbesar pada desain lampu depan yang sepenuhnya baru.

Menariknya, lampu depan baru ini menawarkan fitur "Smart" yang meningkatkan visibilitas di kondisi cahaya rendah. Lampu depan ini secara otomatis menyesuaikan kecerahannya sesuai dengan kondisi cahaya sekitar.

8

Seluruh struktur 1390 Super Duke R Evo juga telah diremajakan untuk memberikan estetika agresif dengan kinerja yang lebih baik. Profil yang lebih rendah, rangka yang lebih kompak, dan penggunaan bahan ringan memberikan sepeda motor ini lebih agresif, sambil tetap mempertahankan berat basah motor di angka 211 kg.

Dari segi performa, dilansir dari Rideapart, 30 November, 1390 Super Duke R Evo diklaim pabrikan memiliki segudang keunggulan. Ditenagai oleh mesin LC8 yang telah ditingkatkan hingga 1,350cc, sepeda motor ini menghasilkan daya sebesar 188 hp torsi 146 Nm.

Teknologi terbaru dari KTM juga disematkan pada sepeda motor ini, termasuk 5 Mode Berkendara yaitu RAIN, STREET, SPORT, dengan mode PERFORMANCE dan TRACK, ABS dan kontrol traksi saat berbelok. Suspensi dari WP yang dapat diatur secara elektronik juga menjadi fitur unggulan. KTM juga menawarkan peningkatan teknologi opsional seperti kontrol rem mesin dan modul suspensi yang ditingkatkan bagi pengendara yang ingin meningkatkan performa sepeda motor ini yang sudah impresif.

Tentang harga dan ketersediaan, tak diragukan lagi bahwa hypernaked sekelas ini akan memiliki harga premium. KTM 1390 Super Duke R Evo 2024 dibanderol dengan harga mulai 21.499 dolar AS atau sekitar Rp331.8 juta.