Motor Terbaru KTM Bertema Supermoto dan Touring, 890 SMT
Di Eropa KTM 890 SMT dipasarkan dengan harga Rp241 juta. (Dok. KTM)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan otomotif asal Austria, KTM meluncurkan model sepeda motor terbaru bertema supermoto dan touring, KTM 890 SMT.

KTM 890 SMT sudah dinantikan dari lama oleh penggemar motor olahraga off-road. Ini merupakan generasi terbaru dari keluarga KTM SMT setelah sebelumnya ada versi 990 yang dirilis pada awal 2010-an.

Dari segi tampilan, KTM 890 SMT memiliki desain bodi yang kecil dan ramping, seperti motor off-road pada umumnya. Namun, mesin yang ditawarkan cukup menarik perhatian dikutip dari VisorDown, Rabu, 26 April.

Dibekali dengan mesin paralel-kembar LC8 889 cc, jantung pacu yang sama dengan yang digunakan seperti KTM 890 Duke dan KTM 890 Adventure.

Dengan mesin ini, KTM 890 SMT dapat menghasilkan daya hingga 105 dk dengan torsi puncak 100 Nm yang tentunya membuat pengendara akan semakin tertantang mengendarai kuda besi tersebut.

2
(Dok. KTM)

Untuk mendukung performa dari motor ini, KTM memasangkan pelek depan dan belakang berukuran 17 inci dengan suspensi dari WP Apex pada bagian depan dan belakang serta cakram rem ganda 320 mm di depan dan 260 mm di belakang yang mengoptimalkan performa pengereman.

Disematkan juga fitur elektronik pada 890 SMT seperti traction control, dan sistem Anti-Brake System (ABS) untuk membantu pengendara dalam menstabilkan motornya saat melakukan pengereman. KTM menawarkan empat mode pada 890 SMT, yaitu Rain, Street, Sport, dan Track yang dapat menyesuaikan kontrol traksi lebih maksimal.

Fitur yang terakhir ialah grip berpemanas serta Motor Slip Regulation (MSR) ke paket perangkat lunak. Quickshifter + serta cruise control juga menjadi opsi lainnya yang disematkan pada 890 SMT.