KTM Hadirkan 890 Adventure R Rally Edisi Terbatas
KTM Adventure R Rally 2024. (Dok. KTM)

Bagikan:

JAKARTA - Pabrikan sepeda motor asal Austria, KTM, secara resmi membuka masa pra-pemesanan untuk model 890 Adventure R Rally 2024. Namun pelanggan harus buru-buru melakukan pemesanan, sebab motor tersebut dijual secara terbatas hanya 700 unit di dunia.

Pemesanan akan dibuka pada 20 September 2023 mendatang dengan 34 pembeli beruntung akan diajak menghadiri acara KTM Desert Experience di Maroko, dilansir Paultan, Senin, 11 September.

KTM 890 Adventure R Rally mengambil basis dari motor Kevin Benavides yang memenangkan Reli Dakar 2023, yaitu KTM 450 Rally, motor ini diperuntukkan untuk medan on-road bahkan off-road sekaligus.

Motor ini dilengkapi oleh suspensi Xplor Pro 7548 garpu depan terbalik yang dipadukan dengan monoshock belakang suspensi WP Xplor Pro 6746, memberikan keandalan dalam menstabilkan motor di berbagai medan.

Pabrikan meningkatkan kemampuan off-road dengan memasangkan pelek jari-jari Excel berukuran 21 inci di depan dan 18 inci di belakang. Pengereman dilakukan dengan kaliper empat piston yang dipasang secara radial di depan dan kaliper mengambang dua piston di belakang, sedangkan ABS menikung Bosch 9,3 MP adalah perlengkapan standar, termasuk mode "off-road".

5

KTM 890 Adventure R Rally memiliki layar TFT LCD 5 inci pada bagian tengah setang yang menampilkan semua informasi seputar kendaraan yang mencakup kontrol traksi, mode berkendara, dan navigasi belokan demi belokan, dengan KTM Tech Pack, yang memberikan Motor Slip Regulation, Cruise Control, Quickshifter, dan mode Rally.

Motor tersebut juga dilengkapi dengan kursi Rally khusus balap dan pijakan kaki untuk meningkatkan kontrol dan kenyamanan dalam perjalanan jarak jauh. Melengkapi perlengkapannya adalah pelindung garpu serat karbon serta pelindung mesin, master silinder belakang, dan suspensi belakang.

Keistimewaan tambahan pada 890 Adventure R Rally adalah pelindung radiator dan sproket belakang Supersprox-Stealth. Khusus untuk 890 Adventure R Rally adalah grafis dan warna Rally CTG dengan tangki bahan bakar dua warna 20 liter.

5

KTM memberikan mesin parallel-twin berpendingin cairan yang memenuhi standar Euro 5b untuk 890 Adventure R Rally dengan menghasilkan tenaga hingga 105 dk dan torsi 100 Nm.

Tenaga yang disalurkan melalui girboks enam percepatan dengan kopling slipper PASC dan penggerak akhir rantai ke roda belakang, sementara sistem pembuangannya dibekali dengan Akrapovic Slip-On Line sebagai standar.

Bagi pelanggan yang berminat memiliki motor dengan jumlah terbatas ini, KTM membanderol 890 Adventure R Rally 2024 dengan harga 22.990 euro atau jika dirupiahkan sekitar Rp378,6 jutaan.