KTM 890 Adventure R Rally 2024 Edisi Terbatas Ludes Terjual dalam Waktu Singkat
KTM 890 Adventure R Rally 2024. (Dok. KTM)

Bagikan:

JAKARTA - Pada Rabu lalu, KTM membuka penjualan online untuk edisi terbatas KTM 890 Adventure R Rally 2024. Pembeli dapat melakukan pemesanan dengan membayar uang muka sebesar 890 euro atau sekitar Rp14,5 juta. Namun, sangat mengejutkan, motor ini habis terjual dalam waktu singkat.

Menurut laporan dari Rideapart, Selasa, 26 September, sebanyak 700 unit dari sepeda motor yang tersedia telah terjual dalam kurun waktu kurang dari tiga hari sejak pemesanan pertama dibuka pada tanggal 20 September, seperti yang diumumkan oleh KTM.

Pabrikan asal Austria ini juga mengungkapkan bahwa semua slot untuk Ultimate KTM Desert Experience, sebuah program petualangan eksklusif yang hanya ditawarkan kepada 34 pembeli KTM 890 Adventure R Rally 2024, telah terisi penuh.

Ini bukan kali pertama motor edisi terbatas KTM terjual secara sepat. Sebelumnya, model yang sama dengan produksi 2021, yang juga ditawarkan dalam jumlah yang sama, telah habis terjual dalam waktu kurang dari 48 jam. Perlu diingat bahwa versi 2021 ini memiliki harga yang lebih rendah.

Sebagai referensi, KTM 890 Adventure Rally 2021 dijual dengan harga 20.899 euro atau sekitar Rp341,8 jutaan. Sementara itu, model 2024 dipatok dengan harga 22.990 euro atau sekitar Rp378,6 jutaan.

Bagi mereka yang belum beruntung dalam mendapatkan unitnya, KTM menyediakan daftar tunggu untuk model ini di situs resmi mereka.

Motor ini didasarkan pada motor KTM 450 Rally yang digunakan oleh Kevin Benavides yang memenangkan Reli Dakar 2023. KTM 890 Adventure R Rally dirancang untuk mengatasi berbagai medan, baik on-road maupun off-road.

Sepeda motor ini dilengkapi dengan suspensi Xplor Pro 7548 di bagian depan dan monoshock belakang suspensi WP Xplor Pro 6746, yang memberikan keandalan dan kinerja luar biasa di berbagai jenis medan.

6

Untuk meningkatkan kemampuan off-road, KTM memasangkan pelek jari-jari Excel berukuran 21 inci di depan dan 18 inci di belakang. Pengereman dilakukan dengan kaliper empat piston yang dipasang secara radial di bagian depan dan kaliper mengambang dua piston di bagian belakang, dengan ABS yang dapat dinonaktifkan untuk mode "off-road."

KTM 890 Adventure R Rally dilengkapi dengan layar TFT LCD 5 inci di tengah setang, yang menampilkan semua informasi penting tentang kendaraan, termasuk kontrol traksi, mode berkendara, dan navigasi berdasarkan giliran demi giliran. Ini dilengkapi dengan KTM Tech Pack, yang mencakup Motor Slip Regulation, Cruise Control, Quickshifter, dan mode Rally.

Mesin parallel-twin berpendingin cairan KTM 890 Adventure R Rally memenuhi standar Euro 5b dan menghasilkan tenaga hingga 105 dk dan torsi 100 Nm. Tenaga ini disalurkan melalui transmisi enam percepatan dengan kopling slipper PASC dan penggerak akhir rantai menuju roda belakang, sementara sistem pembuangan standarnya dilengkapi dengan Akrapovic Slip-On Line.