Motor Listrik India Ultraviolette F77 Cetak Rekor Perjalanan Terjauh
F77. (Dok. Ultraviolette)

Bagikan:

JAKARTA - Pabrikan sepeda motor listrik India, Ultraviolette, merupakan pemain baru dalam dunia kendaraan listrik (EV) namun sepeda motor listrik mereka, F77, berhasil menjadi yang pertama mencatatkan rekor di India dan Asia.

Ultraviolette F77 diluncurkan sejak November tahun lalu, berkat gaya radikal dan performa yang mengesankan serta dibekali dengan beragam teknologi impresif, Ultraviolette F77 telah menjadi salah satu sepeda motor listrik paling diminati di pasar India.

Mengenai performa, F77 dengan varian Recon dilengkapi paket baterai 10.3 kWh dengan jarak tempuh 307 km dalam sekali pengisian daya dan kecepatan tertinggi 152 km/jam.

4

Dilaporkan Times of India, 5 September, motor dengan ciri khas memiliki lampu depan LED yang runcing, panel samping yang panjang dan aerodinamis, serta bagian belakang yang agresif ini berhasil menempuh perjalanan sejauh 6.727 kilometer.

Perjalanan sejauh itu dilakukan oleh salah satu pelanggan awal mereka, Baala Manikandan, dengan Ultraviolette F77-nya melintasi 14 negara bagian, dimulai dari Chennai dan berakhir di Bengaluru. Ia berhasil menyelesaikan perjalanan ini hanya dalam waktu 22 hari, dengan rata-rata jarak harian sekitar 305 kilometer.

Setelah perjalanan epik ini, Manikandan dan Ultraviolette berhasil masuk ke dalam India Book of Records dan Asia Book of Records sebagai sepeda motor listrik pertama di wilayah tersebut yang menempuh jarak sedemikian jauh dalam waktu singkat.

Perjalanan Manikandan dimulai pada 21 Mei 2023, dan penuh dengan tantangan sepanjang perjalanan. Dari medan yang tidak rata hingga kondisi cuaca ekstrem, F77 mampu menghadapinya dengan baik.

Bahkan, suhu dilaporkan mencapai 45 °C derajat celsius pada beberapa titik dan turun hingga - 15 °C . Perjalanan ini akhirnya selesai pada 12 Juni 2023. Manikandan mengungkapkan bahwa ia sering menggunakan mode "Combat" sepeda motornya selama perjalanan, yang merupakan mode tengah dalam hal kinerja.

Diketahui, sepeda motor dengan varian termurah Rp70 jutaan ini memiliki tiga mode daya: "Glide", "Combat", dan "Ballistic". Menurut Ultraviolette, Manikandan berhasil menghemat sekitar 270 liter bahan bakar selama perjalanan ini. Manikandan juga hanya menghabiskan total 400 rupee (kurang dari Rp76.000) untuk mengisi daya sepeda motor listriknya.