Bagikan:

JAKARTA – Merek Roewe yang dimiliki SAIC telah mencetak rekor dunia Guinness untuk jarak terjauh yang ditempuh oleh sebuah mobil Plug in Hybrid (PHEV). Dengan tangki penuh dan baterai penuh, mobil tersebut berhasil menempuh jarak 2208 kilometer dengan konsumsi bahan bakar rata-rata 2,49 liter per 100 kilometer. 

Dilaporkan CarNewsChina, SAIC mengumumkan prestasi ini pada 28 Oktober, bergabung dengan jajaran merek seperti BYD, Geely, dan Chery yang kini memiliki armada PHEV dengan jarak tempuh gabungan lebih dari 2000 kilometer.

4

Rekor dunia Guinness ini dipecahkan oleh sedan Roewe D7 DMH selama empat hari, dengan rute perjalanan dari Lanzhou ke Urumqi. Dalam perjalanan tersebut, mobil melewati Jiayuguan, Dunhuang, Turpan, dan beberapa tempat lainnya. Perlu dicatat bahwa Turpan sering digunakan oleh produsen mobil China untuk menguji mobil dalam kondisi panas, karena terkenal memiliki suhu terpanas yang tercatat di kota tersebut.

Meskipun detail lengkap tentang kondisi rute dan pengujian tampaknya belum diumumkan, terdapat perbedaan suhu 30 derajat antara malam dan siang hari. Suhu terendah yang ditemui adalah -8°C, dan juga terdapat perbedaan ketinggian 1.600 meter.

Roewe D7 DMH telah tersedia sejak November 2023. Belum sepenuhnya jelas apakah rekor tersebut dipecahkan oleh mobil PHEV yang sudah ada atau varian baru. Menurut informasi yang dirilis untuk rekor tersebut, mesin 1,5 liter yang menjadi dasar sistem tersebut memiliki efisiensi termal 43 persen dan rasio kompresi ultra-tinggi 16:1. Besar kemungkinan rekor ini datang dari pengujian Roewe D7 DMH versi baru karena jarak tempuh gabungan D7 DMH yang lama hanya terdaftar 1400 km menggunakan pengukuran CLTC.

Lebih lanjut, mesin ini beroperasi dalam kondisi paling hemat bahan bakar lebih dari 85 persen dari waktu dan menyesuaikan mode kerja optimal sesuai dengan kondisi kerja seluruh kendaraan. Ini adalah mesin aspirasi alami dengan daya maksimum 82 kW dan torsi hingga 135 Nm.

Mesin ini dipasangkan dengan unit penggerak P1 koaksial, yang mengurangi jumlah gigi sebanyak dua. Gearboxnya adalah transmisi hybrid DHT 1-speed. Terpasang di poros depan, motor listrik memiliki daya maksimum 150 kW dan dapat menghasilkan torsi 330 Nm.

Roewe D7 berukuran panjang 4890 mm, lebar 1890 mm, dan tinggi 1510 mm dan memiliki wheelbase 2810mm.