Bagikan:

JAKARTA - Produsen otomotif ternama asal China yaitu BYD menambah jajaran model mobil listriknya di pasar Brasil. Mereka meluncurkan Yuan Pro atau dikenal sebagai model Yuan Up di pasar China.

Mengutip dari laman CNevpost, Sabtu, 14 September 2024, kehadiran Sport Utility Vehicle (SUV) Yuan Pro ini menjadikannya model ke-11 yang ada di negara tersebut.

Sebelumnya, BYD membawa berbagai model di Brasil, baik model kendaraan listrik murni atau kendaraan hybrid. Untuk di negara tersebut, total ada delapan model, meliputi Dolphin, Seal, hingga Yuan atau dikenal sebagai Atto 3, yang mana ketiganya juga sudah hadir di Indonesia.

Lebih dekat dengan BYD Yuan Pro, mobil satu ini merupakan sebuah SUV yang hadir dengan desain futuristik dan dibangun berdasarkan e-Platform 3.0. Mobil ini diklaim memiliki keamanan luar biasa dan terkenal efisien.

Secara dimensi, mobil ini memiliki panjang 4.310 mm, lebar 1.830 mm, dan tinggi 1.675 mm, dengan jarak sumbu roda 2.620 mm. Yuan Pro menawarkan empat pilihan warna eksterior meliputi malachite darkcyan, time grey, skiing white, milky gray green. Sementara itu, hanya ada satu pilihan warna interior yakni creme and brown.

"Yuan Pro dimaksudkan untuk menjadi kendaraan listrik pertama bagi banyak anak muda Brasil," tulis pernyataan BYD saat peluncuran.

BYD Yuan Pro (dok. BYD Brasil).

Soal jarak tempuh, mobil ini hadir dengan jangkauan 380 km dalam hitungan NEDC. Yuan Pro dibanderol 182.800 real Brasil atau kisaran Rp506 jutaan.

BYD di Brasil terus berinovasi, bahkan jenama asal China tersebut sudah berhasil membuka 100 jaringan diler hingga Mei 2024. Mereka menargetkan menambah jaringan dengan total 250 diler hingga akhir tahun ini.

Tahun lalu, BYD dan Pemerintah Brasil juga telah mengumumkan untuk mendirikan tempat produksi besar dengan tiga pabrik. Nantinya, pabrik tersebut akan memperoduksi truk listrik hingga kendaraan penumpang.

Khusus untuk lini kendaraan penumpang, pabrik tersebut dapat menampung perakitan tahunan hingga 150.000 unit.