Bagikan:

JAKARTA – PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) resmi meluncurkan Mazda CX-60 untuk pertama kalinya di Indonesia pada tahun 2023. SUV ini menjadi gebrakan baru Mazda dalam menapaki segmen premium di tanah air.

Dalam peluncurannya, Mazda menawarkan dua varian, yaitu Elite dan Kuro. Namun, dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, mereka memperkenalkan varian terbaru, Pro, yang semakin memperkaya lini CX-60.

Menurut PT EMI, Mazda CX-60 merupakan perwujudan filosofi khas Mazda, "Jinba-Ittai," yang mengutamakan harmoni antara pengemudi dan kendaraan, menciptakan pengalaman berkendara yang mendalam dan responsif.

VOI pun mendapat kesempatan istimewa untuk menguji Mazda CX-60 Kuro dalam acara media sebelum ajang ‘Mazda Power Drive 2024’ di JS Luwansa Hotel & Convention Center, Jakarta. Seperti apa rasanya? Simak ulasan berikut.

Desain Premium Berkelas

Mazda CX-60 tampil memukau dengan desain yang mewah dan proporsi bodi yang kokoh. Garis-garis elegan pada grill, lampu depan, hingga buritan membuat SUV ini tampil berwibawa. Pelek berukuran 20 inci dengan ban 235/50 semakin mempertegas statusnya sebagai SUV premium yang tak hanya tangguh, tapi juga stylish.

Kabin Mewah dan Nyaman

5

Varian Kuro menyuguhkan interior yang memanjakan mata dengan bahan berkualitas tinggi. Kabin dibalut dengan Tan Nappa Leather, dipadukan dengan material suede yang memberikan nuansa elegan. Material kulit ini tidak hanya menghiasi dasbor, tapi juga door trim dan setir, menambah kesan premium.

Tak hanya itu, setirnya yang halus membuat pengemudi merasa nyaman saat berkendara. Posisi duduk pun bisa diatur dengan sangat fleksibel, berkat pengaturan elektrik pada kursi dan setir yang bisa diatur tilt dan telescopic. Ada juga fitur canggih yang memungkinkan penyesuaian otomatis sesuai tinggi badan pengemudi, cukup dengan memilih pengaturan di layar tengah.

Sensasi Berkendara Memuaskan

Mazda CX-60 dibekali mesin 3,3 liter 6-silinder e-Skyactiv-G turbocharged, dipadukan dengan sistem mild-hybrid 48V, menghasilkan tenaga 280 dk dan torsi 450 Nm. Akselerasi responsifnya langsung terasa saat pedal gas diinjak, dan suara khas dari mesin 6-silinder semakin menambah sensasi berkendara.

Filosofi "Jinba-Ittai" benar-benar terasa saat melewati tikungan tajam dengan kecepatan tinggi. Kendaraan tetap stabil tanpa membuat pengemudi atau penumpang merasa was-was. Namun, catatan kecil dari VOI adalah suspensi yang terasa sedikit keras, terutama saat melintasi polisi tidur atau jalan menanjak. Meski begitu, hal ini tak mengurangi kelincahan dan pengendalian yang ditawarkan mobil ini.

Kesimpulan

Mazda CX-60 adalah pilihan tepat bagi mereka yang mencari SUV premium dengan harga sekitar Rp1 miliaran, di luar merek Eropa. Dengan harga Rp1,18 miliar OTR DKI Jakarta untuk varian Elite dan Kuro, SUV termahal EMI ini menawarkan kenyamanan berkendara, kemewahan desain, serta performa yang mengesankan. CX-60 bukan sekadar kendaraan, melainkan menawarkan pengalaman berkendara premium yang unik.