Bagikan:

JAKARTA - Debut secara global pada akhir 2023 lalu, Porsche Panamera generasi terbaru kini menyapa pasar Asia Tenggara (ASEAN). Setelah Malaysia, negara Filipina menjadi destinasi selanjutnya bagi model ini dalam regional tersebut.

Melansir dari Top Gear Philippines, Kamis, 4 Juli, mobil bergaya sedan ini dihadirkan melalui distributor lokal resmi Porsche PGA Cars dan pihak perusahaan telah membuka masa pemesanan.

Porsche Panamera generasi ketiga ini tampil lebih baru dan memiliki sejumlah perubahan yang signifikan. Eksteriornya dihiasi dengan lampu depan LED Matrix sebagai fitur standar. Garis jendela yang didesain ulang pada tampilan samping semakin memperkuat karakter sedan pada mobil sport empat pintu tersebut.

Memfokuskan pada sisi kenyamanan, mobil ini memiliki panjang hingga 5.052 mm, lebar 1.937 mm, serta tinggi mencapai 1.423 mm.

Panamera baru sudah hadir dengan suspensi udara dari Porsche Active Suspension Management (PASM) sebagai perlengkapan standar. Teknologi dua katup memisahkan tahap rebound dan kompresi dari kontrol peredam dan oleh karena itu menawarkan rentang yang lebih luas antara kenyamanan dan kesan sporty.

4

Bagian dalamnya dihiasi dengan layar kluster instrumen digital berukuran 12,6 inci, yang dipadukan dengan layar sentuh tengah berukuran 12,3 inci. Terdapat pula layar sentuh penumpang sebesar 10,9 inci, yang dilapisi dengan film khusus agar tidak mengganggu pengemudi.

Pengemudi juga akan disambut dengan konsol tengah tinggi yang memberikan seperti kokpit pada pesawat. Ini Ini memanjang sampai ke belakang untuk memberikan kursi bucket individu ke penumpang belakang.

Untuk pasar Filipina, model ini dapat dikonfigurasikan sesuai spesifikasi individual. Pelanggan dapat menambah sejumlah opsi tertentu. Sementara itu dihadirkan juga sistem suara premium dan power tailgate sebagai standar.

Pabrikan mobil sport dari Jerman ini juga menambahkan paket Sport Chrono, pintu soft-close, kursi yang dapat diatur 14 arah, dan kursi berventilasi.

Sama seperti pasar Malaysia, Panamera spesifikasi untuk pasar Filipina ditawarkan dengan mesin 2,9 liter V6 twin-turbocharged memberikan tenaga mencapai 353 ps dan torsi 500 Nm digabungkan dengan sistem transmisi dual-clutch (DCT).

Dengan demikian, Porsche Panamera ini dapat berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 5,1 detik dengan kecepatan tertinggi hingga 272 km/jam.

Pihak pabrikan belum mau mengungkapkan harga resminya, namun semuanya tergantung opsi yang dipilih oleh pelanggan.

Ada kemungkinan bahwa model ini akan tersebar di negara ASEAN lainnya, termasuk Indonesia. Ini diperkuat dengan Porsche Indonesia yang ingin meluncurkan dua model terbaru dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 pada 18-28 Juli ini.

“Nanti di GIIAS, selain line-up EV, kami akan menghadirkan 911 GT3 RS dan Cayenne, serta memperkenalkan dua model baru di lokasi hall 7C,” kata PR Associate Manager Porsche Indonesia Valencia Maximilian, pada Juni lalu.

Apakah benar Panamera terbaru akan mengaspal di pasar Indonesia untuk pertama kalinya? Mari kita lihat pada GIIAS 2024 mendatang.