Bagikan:

JAKARTA - Kia EV3 telah menandai debut globalnya pada bulan lalu. Namun, merek dari Korea Selatan ini juga sedang menyiapkan versi tertingginya yakni GT-Line dengan tampilan lebih sporty daripada standarnya.

Ini dibuktikan dari tangkapan kamera dari kanal Youtube asal Korea Selatan, Shorts Car, yang memperlihatkan mobil yang disebut sebagai EV3 GT-Line terparkir secara terbuka tanpa balutan kamuflase.

Dilansir dari CarBuzz, Senin, 24 Juni, crossover ini memiliki tampilan yang menarik perhatian dengan warna khusus. Namun, opsi tersebut dilaporkan hanya akan tersedia di pasar luar negeri saja.

Crossover ini memperlihatkan tampilan yang lebih tegas dengan sentuhan warna hitam di bagian pilar, overfender, serta bagian sayap belakang berukuran kecil sekaligus menonjolkan unsur bahwa ini merupakan varian GT-Line.

2

Kemudian, Kia EV3 GT-Line memiliki pola pelek yang unik yang mengusung warna hitam sekaligus menegaskan kesan sporty.

Sementara itu, video tersebut juga menunjukkan bagian kabin dengan tampilan layar lebar instrumen dan layar sentuh tengah masing-masing berukuran 12,3 inci. Bagian dasbor juga dilengkapi panel 5 inci yang berfungsi sebagai climate control.

Sama seperti EV3 standar, kemungkinan varian GT-Line juga menggunakan bahan ramah lingkungan pada bagian interiornya, termasuk plastik daur ulang pada jok, sandaran tangan, alas lantai, dan headliner.

Meskipun memiliki beberapa ubahan yang sporty pada bodinya, Kia akan tetap menggunakan powertrain yang sama seperti standarnya pada GT-Line. Artinya, merek akan gunakan motor listrik 283 Nm, yang memungkinkan waktu akselerasi terbaik 0-100 km/jam dalam 7,5 detik. Kecepatan maksimum EV3 adalah 170 km/jam.

Untuk jarak tempuhnya, EV3 GT-Line kemungkinan akan berbasis dari versi Long Range yang memakai baterai 81,4 kWh sehingga mampu menghasilkan jangkauan mencapai 600 km dalam sekali pengisian daya.

Kia telah melengkapi EV3 dengan serangkaian fitur keselamatan, berkendara, kenyamanan, dan pengisian daya ultra-canggih yang biasanya disediakan untuk sektor SUV EV besar.

Seperti halnya Teknologi Advanced Driving Assistance Systems (ADAS) kendaraan mencakup eDTVC Electric Dynamic Torque Vectoring Control untuk memastikan EV3 mentransfer tenaganya ke jalan dengan lancar dan stabil. Selain itu, juga dilengkapi dengan Forward Collision Avoidance Assist, Lane Keeping Assist, Highway Driving Assist and Reverse Parking Collision Avoidance Assist.

Untuk pasar AS, Kia EV3 standar diumumkan penjualannya dengan harga 35.000 dolar AS atau setara Rp562 jutaan.