Bagikan:

JAKARTA – Industri otomotif global tengah diramaikan oleh kendaraan listrik dari sejumlah pabrikan ternama. Tidak hanya ramah lingkungan, beberapa merek meluncurkannya juga dalam versi berperforma tinggi.

Sebagai contoh, Hyundai yang luncurkan Ioniq 5 N yang memiliki tenaga mencapai lebih dari 600 dk dan torsi sebesar 748 Nm. Sebelumnya, Kia juga melakukan pendekatan ini dengan EV6 GT yang dapat memompa tenaga 577 dk dan torsi 740 Nm.

Meskipun demikian, Kia belum akan berhenti berinovasi dalam menghadirkan EV berperforma tinggi lainnya. Bahkan, merek dari Korea Selatan ini mengonfirmasi akan menghadirkannya dalam beberapa tahun ke depan.

“Varian GT dirancang untuk membangun lebih banyak keinginan dan lebih menarik perhatian,” kata Marketing Director Kia Europe David Hilbert, dikutip dari Top Gear, Senin, 27 Mei.

Ia juga menambahkan bahwa bakal ada lebih dari satu model EV berperforma tinggi berlencana Kia di masa mendatang, baik model EV9 GT dan EV5 GT juga akan hadir di pasaran.

“Torsi instan dari EV memberi Anda akselerasi dan dinamika berkendara berkat platform khusus, pusat gravitasi rendah, dan roda yang didorong hingga ke sudut-sudut mobil,” tambah Hilbert.

Perusahaan juga mengonfirmasi akan menghadirkan EV3 versi GT dengan berpenggerak semua roda (AWD) pada 2026 mendatang. Hal ini cukup mengejutkan mengingat versi standarnya baru diluncurkan beberapa waktu lalu.

“Varian GT tidak akan pernah menjadi penjual dalam jumlah besar karena mereka adalah produk yang khusus, dan sejujurnya, performa EV standar kami cukup bagus,” jelas Hilbert.

Hal ini tentu bukanlah omongan belaka. Pada Februari lalu, Kia EV9 GT tertangkap kamera sedang lakukan pengujian di lintasan bersalju Swedia. Bulan berikutnya, SUV berbadan besar ini sedang diuji coba di trek Nurburgring Nordschleife, Jerman.

Selain itu, EV5 GT juga terlihat sedang diuji coba di China dengan tampilan lebih sporty dan agresif. Sama seperti EV6 GT, elemen sporty yang khas juga ditampilkan dalam model ini, seperti bumper depan dan belakang agresif serta terdapat sayap belakang berukuran kecil yang mengambang di bagian atas.