Bagikan:

JAKARTA - Kia resmi memperkenalkan EV3 terbaru pada bulan Mei lalu. Mobil ini mengusung gaya SUV kompak sekaligus fitur canggih yang memberikan pengalaman berbeda dalam segmen Electric Vehicle (EV).

Kini, mobil berdesain futuristis ini telah tiba di pasar Inggris dengan harga yang kompetitif dan sediakan dengan tiga varian berbeda.

5

Melansir dari Autocar, Selasa, 30 Juli, pabrikan dari Korea Selatan ini tawarkan tiga trim berbeda yakni Air sebagai entry-level, GT-Line yang merupakan menengah, dan GT-Line S ialah teratas dari semua tipe.

Dari segi desain, semua varian hadir dengan filosofi desain ‘Opposites United’ yang menonjolkan sisi keberanian dan kreatif terinspirasi oleh perbedaan nilai alam dan modernitas sehingga menghasilkan keseluruhan yang harmonis.

4

Bagian dalamnya ditawarkan dengan layar kluster 12,3 inci, panel AC lima inci, dan layar AVN 12,3 inci. Selain itu, terdapat tampilan yang menggabungkan pengoperasian sentuh yang mulus pada fungsi pengatur suhu dan memberikan grafis jelas serta informatif.

Kia EV3 menggabungkan berbagai item ramah lingkungan untuk mempercepat keberlanjutan dalam skala besar. Kain daur ulang diaplikasikan pada dashboard dan trim pintu untuk menciptakan suasana intim dan seperti di rumah.

Polyethylene terephthalate (PET), yang merupakan salah satu plastik yang paling mudah didaur ulang di dunia, terdapat di berbagai area interior, termasuk kursi, headliner, sandaran tangan pintu, hiasan, alas lantai.

Pabrikan juga memberi model EV3 dengan serangkaian fitur keselamatan yang memberikan rasa aman bagi penggunanya, mulai dari teknologi Advanced Driving Assistance Systems (ADAS), mencakup Forward Collision Avoidance Assist, Lane Keeping Assist, Highway Driving Assist, dan Reverse Parking Collision Avoidance Assist.

4

Meskipun memiliki sejumlah persamaan, ketiganya memiliki beberapa perbedaaan. Seperti varian Air memiliki baterai berkapasitas 58,3 kWh yang memberikan jangkauan hingga 267 mil atau 429 km dalam sekali pengisian daya. Sistem ini mampu mengisi daya dengan DC fast-charging 102 kW.

Selain itu, Kia juga tawarkan paket baterai 81,4 kWh yang memberikan jangkauan sejauh 372 mil (setara 598 km) yang memiliki kemampuan isi daya dengan DC 128 kW.

Namun untuk varian GT-Line dan GT-Line S, jarak tempuhnya alami penurunan 25 mile (40 km) karena memiliki pelek yang lebih besar dan penambahan fitur, menghasilkan jangkauan 347 mil (558 km).

Terlepas dari kemampuan jarak tempuhnya, semua varian dibekali dengan motor listrik tunggal yang memiliki tenaga hingga 200 dk dan torsi 283 Nm menggerakkan roda depan.

Kia EV3 akan dibuka masa pemesanannya di Inggris mulai 1 Agustus dengan harga mulai dari 32.995 poundsterling (Rp691,8 jutaan) untuk tipe awal, 39.495 poundsterling (Rp828,1 jutaan) pada GT-Line, dan GT-Line S dengan 42.995 poundsterling (Rp901,5 jutaan).