Bagikan:

JAKARTA - Kia merupakan salah satu dari sekian merek otomotif yang berkomitmen dalam elektrifikasi dan telah dibuktikan dengan meluncurkan berbagai model, mencakup EV6, EV9, Niro EV, dan yang terbaru EV3. Meskipun demikian, pabrikan dari Korea Selatan ini ingin memperbanyak model nol emisi tersebut.

Salah satu model yang akan diluncurkan ialah EV4. Mobil bergaya sedan ini telah diluncurkan pada akhir 2023 lalu bersamaan dengan peluncuran perdana EV3 dan EV5. Bahkan, model tersebut tertangkap kamera sedang diuji coba menjelang debutnya.

Dilaporkan The Korean Car Blog, Selasa, 18 Juni, EV4 tertangkap kamera sedang berada di jalan dibungkus dengan stiker penyamaran. Meskipun masih berstatus prototipe, desain secara keseluruhannya terlihat dengan sangat jelas.

Kia EV4 tertangkap kamera sedang berjalan (sumber: The Korean Car Blog)

Secara sekilas, mobil ini terlihat tinggi dengan bagian belakang yang sedikit lebih rendah dibandingkan dengan pertama kali diluncurkan. Sementara, bagian depannya terlihat mengambil inspirasi dari saudaranya, EV6.

Sama seperti EV Kia lainnya, desain EV4 terinspirasi dari filosofi ‘Power of Progress’ yang diusung oleh merek. Sejumlah aspek seperti hidung rendah ramping yang mencolok, siluet ekor panjang yang memanjang dan dinamis, serta spoiler atap teknis, semuanya mengingatkan pada mobil sport.

Merek dari negeri ginseng ini juga telah mengonfirmasi bahwa model EV4 merupakan salah satu kendaraan listrik yang akan dijual secara global dengan harga 35.000 dolar AS hingga 50.000 dolar AS (Rp574,2 jutaan sampai Rp820,3 jutaan).

Meskipun spesifikasinya belum diungkap ke publik, diperkirakan Kia EV4 akan dibangun di atas platform E-GMP dengan penggerak roda depan. Pabrikan akan menggunakan baterai lithium-iron phosphate (LFP) dan sistem bertegangan 400V sama seperti pada EV5. Diharapkan interiornya memaksimalkan keunggulan kendaraan listrik khusus, dengan lantai yang lebih datar dan desain minimalis.

Pada awal tahun ini, Vice President Kia Woo-Jeong Joo, mengumumkan bahwa penundaan peluncuran EV4 hingga awal tahun 2025. Ia menjelaskan bahwa kendaraan listrik dapat memiliki dampak signifikan terhadap penjualan dan keuntungan Kia, dan perusahaan bersikap sangat fleksibel di segmen ini.