Pikap Kia Tasman Tertangkap Kamera Diuji Coba, Bakal Diperkenalkan Tahun Ini
Kia Tasman dengan jubah kamuflase sedang terparkir di Korea Selatan. (Dok. Woopa TV/Youtube)

Bagikan:

JAKARTA - Segmen mobil truk pikap body-on-frame (ladder frame) untuk pasar global didominasi oleh sejumlah model ternama, di antaranya Ford Ranger dan Toyota Hilux. Namun, keduanya akan kedatangan rival baru dari pabrikan asal Korea Selatan, Kia.

Perusahaan yang didirikan pada 1944 lalu ini telah mengonfirmasi tengah mengembangkan truk pikap yang diperuntukkan beberapa pasar, seperti Asia dan Australia. 

Perusahaan juga mengungkapkan bahwa mereka akan melakukan pendekatan dua arah dalam menghadirkan jajaran pikapnya, yakni ICE dan EV. 

Untuk mobil pikap ini, mereka akan mengusung platform yang sama pada model Borrego atau dikenal sebagai Mohave.

Diperkirakan negara Australia akan mendapatkan model diesel pada mobil yang akan dinamai ‘Tasman’ ini, dengan unit mesin 4-silinder CRDi 2,2 liter turbocharged. 

Kia Tasman diperkirakan akan diungkap pada tahun ini dan segera dijual untuk tahun 2025.

Baru-baru ini, truk pikap tersebut tertangkap basah sedang diuji coba dengan wujud yang ditutupi jubah kamuflase.

Dilansir dari carscoops, Senin, 29 Januari, pikap tersebut tertangkap kamera terparkir di Korea Selatan oleh saluran Youtube Woopa TV. Terlihat bahwa bentuk dari pikap tersebut sangat kotak seperti mobil Kia lainnya, seperti EV9.

Tampilan yang mengadopsi pada model EV9 juga diperlihatkan pada bagian lampu DRL vertikal di bagian depannya. Selain itu, lengkungan ke atas di bagian bawah jendela belakang mobil ini mencerminkan gaya model saudaranya.

Terlihat kap mesin pada model ini sangat kaku dengan fascia depan dan belakang yang vertikal, lengkungan pelek, kaca spion, dan kabin penumpang juga berbentuk persegi yang memberikan kesan kokoh.

Meskipun bagian bak belakang tampak lebih pendek, Kia berusaha untuk mengembangkan mobil tersebut lebih praktis. Selain itu, mereka menambahkan pijakan praktis pada bumper belakang sekaligus memudahkan pengguna untuk membawa dan mengambil perlengkapan di bagian ini.