Bagikan:

JAKARTA - Kia dikabarkan akan membangun Sports Utility Vehicle (SUV) berbasis model Tasman untuk menyaingi Ford Everest di pasar global.

Kabar tersebut diungkapkan salah satu media lokal Australia, yang menyebut bahwa General Manager Perencanaan Produk Kia Australia Roland Rivero akan bernegosiasi untuk mendapatkan lampu hijau dari pembuat mobil.

Mengutip dari laman Top Gear PH, Kamis, 30 Mei, Roland bahkan mengungkapkan akan bernegosiasi keras untuk memproduksi SUV saingan Ford Everest tersebut. Namun hal ini tidak akan terjadi dalam waktu dekat, sebab menurut Rivero perlu membangun argumen global yang kuat dan bukan hanya untuk Australia.

"Saat ini yang kami perlukan agar hal ini terwujud adalah pasar lain, pasar utama yang memasok Tasman, yang juga ingin memiliki SUV berbasis model tersebut (Tasman).

Rivero berharap Afrika Selatan atau Timur Tengah tertarik dengan rencana tersebut, namun ia mengatakan membutuhkan semua pihak bersatu agar rencana bisa terjadi.

Selain Afrika Selatan dan Timur Tengah, Kia mungkin juga harus melakukan studi kasus di Asia Tenggara. Bukan hanya Filipina yang menggemari SUV berbasis pikap. Thailand bisa dibilang adalah rumah bagi mereka, dan jenis SUV ini berkinerja baik di negara-negara tetangga seperti Indonesia, Malaysia, dan Vietnam.

Meski begitu, ini akan menjadi pertaruhan bagi Kia jika berencana memasuki pasar SUV menengah. Bukan tanpa alasan, selain Ford Everest sendir saat ini merek Jepang sudah banyak di segmen tersebut, misalnya Fortuner, atau Montero Sport. Selain itu, agar rencana tersebut dapat maju, Tasman sendiri harus membuktikan keberhasilannya di pasar inti.