Bagikan:

JAKARTA - Kia Corporation mengungkap tiga model kendaraan listrik (EV) baru dalam acara tahunan Kia EV Day di Korea, Kamis, 12 Oktober. Kehadiran ketiga model ini kian memperkuat strategi global ambisius Kia untuk memimpin dan mempercepat 'revolusi EV'.

Setelah berhasil mengukuhkan diri sebagai merek kendaraan listrik dengan peluncuran EV6 dan EV9, kia memperluas lini model dengan tiga model kendaraan listrik berukuran kecil hingga menengah, yang memberikan lebih banyak pilihan dan akses ke EV kepada konsumen.

Acara tersebut menampilkan debut EV5, sebuah SUV listrik kompak untuk keluarga milenial, serta pengenalan dua model konsep yaitu Kia Concept EV3 yang merupakan Kia EV9 dalam bentuk SUV kompak, lalu Kia Concept EV4 menghadirkan ulang sedan listrik dengan desain yang mencolok.

Adapun kehadiran EV5, EV4, dan EV3 disebut pabrikan bertujuan untuk memperkenalkan kendaraan listrik (EV) dengan harga terjangkau mulai dari 35.000 dolar AS hingga 50.000 dolar AS sekira Rp584 juta hingga Rp783 juta.

Selain mengungkapkan lini produk, acara tersebut juga memamerkan strategi EV Kia, yang bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan, keandalan, dan mengatasi masalah umum, termasuk infrastruktur pengisian daya.

“Kia sangat fokus pada memberikan solusi terhadap kekhawatiran yang masih menjadi hambatan dalam pembelian EV. Kami akan memenuhi harapan pelanggan dengan menawarkan lini penuh EV dengan berbagai pilihan harga dan meningkatkan ketersediaan infrastruktur pengisian daya," kata Ho Sung Song, Presiden dan CEO Kia, di laman resmi perusahaan, 12 Oktober.

5

Kembali ke EV5, mobil ini adalah kendaraan listrik ketiga dalam lini produk Kia dan dibangun di atas platform EV khusus Kia, E-GMP.

Kia EV5 hadir dengan desain SUV yang unik, menggabungkan kepraktisan, kenyamanan, teknologi canggih, performa dinamis, dan fitur keamanan canggih. Interior EV5 sepenuhnya direkayasa ulang, menawarkan ruang interior yang lebih mirip ruang tamu daripada kabin mobil konvensional.

5

Produksi EV5 akan dilakukan di China dan Korea, dan pasar China akan memiliki akses ke tiga varian: standar, jarak jauh, dan jarak jauh AWD.

Model standar, yang dilengkapi dengan baterai 64 kWh dan motor 160 kW, memiliki jangkauan berkendara sekitar 530 km per pengisian daya sesuai dengan standar Uji Kendaraan Ringan Cina. Model jarak jauh, dengan baterai 88 kWh dan motor 160 kW yang sama, bertujuan mencapai jangkauan 720 km per pengisian daya.

Sementara, model jarak jauh AWD akan memiliki baterai 88 kWh dan output gabungan 230 kW, dengan motor depan 160 kW dan motor belakang 70 kW. Dengan model AWD, Kia menargetkan jangkauan berkendara sekitar 650 km berdasarkan standar Uji Kendaraan Ringan Cina. Selain itu, model ini juga memiliki kemampuan pengisian cepat, memungkinkan pengisian baterai dari 30% hingga 80% dalam waktu 27 menit.

Bahkan, Kia EV5 juga akan tersedia dalam varian GT, yang menawarkan fitur performa tambahan dan pengalaman berkendara yang menarik. Informasi lebih lanjut mengenai trim GT EV5 akan diungkapkan kemudian.