Toyota Land Cruiser Tua Ini Masih Laku Terjual Hampir Rp2 Miliar
Toyota Land Cruiser FJ40 1968 ICON. (Dok. Bring A Trailer)

Bagikan:

JAKARTA - Land Cruiser merupakan model ikonik produksi Toyota. Model ini telah lahir sebanyak lima generasi dan dikenal sebagai mobil yang tangguh melintasi arena off-road maupun on-road.

Salah satu generasi keemasan mobil ini ialah J40 atau FJ40 yang diperkenalkan pada awal 1960-an. Walaupun memiliki umur tua, mobil ini banyak diminati kolektor sehingga mereka rela membayar dengan banderol tinggi untuk memilikinya.

9

Ini dibuktikan dari salah satu unit Toyota Land Cruiser FJ40 keluaran 1968 yang dilelang di situs Bring A Trailer. Mobil ini masih terlihat tangguh dengan beberapa ubahan yang dilakukan oleh ICON 4x4. Ubahan tersebut meliputi mesin Ram Jet V8 350ci dengan sistem lima percepatan serta sistem pembuangan terbuat dari material stainless steel.

Dilansir dari laman Bring A Trailer, Rabu, 11 Oktober, bemper depannya telah diubah, lalu FJ40 tersebut dicat dengan warna Metallic Grey dengan sentuhan abu-abu dan hitam dilengkapi dengan soft top hitam yang menampilkan mobil ini seperti halnya mobil tentara pada zaman dahulu.

8

Meskipun tampil berbeda dari versi aslinya, FJ40 tersebut masih mempertahankan desain aslinya dengan bentuk yang lebih kaku. Mobil ini dilengkapi oleh ban 285/75 BFGoodrich segala medan dengan pelek 16 inci yang kokoh. Mobil yang masih disebut sebagai ‘Truk’ pada masanya dilengkapi dengan shock Old Man Emu Nitrocharger dan power steering.

Berpindah ke bagian interior, Land Cruiser generasi kedua ini dilengkapi oleh kursi depan yang dilapisi oleh vinil hitam dengan sisipan motif abu-abu. Material bedliner diaplikasikan pada lantai dan aksen trim yang diubah mesin pada dashboard.

Roda kemudi tiga palang menghiasi interior didepan speedometer Westach dengan batas pengukur kecepatan hingga 140 mpj (225 km/jam). Instrumen kluster konvensional mencakup beberapa pengukur seperti suhu cairan pendingin, voltase, bahan bakar, serta tekanan oli.

Odometer juga menunjukkan angka 2.200 mil atau 3540 km dengan 100 mil atau 160 km digunakan oleh pemilik saat ini. Berkat sejarah dan ubahan pada mobil ini, ‘Truk’ ini telah laku dengan harga cukup fantastis.

Toyota Land Cruiser FJ40 yang direstorasi oleh ICON tersebut telah terjual dengan harga 120.000 dolar AS atau setara Rp1,885 miliar.