Bagikan:

JAKARTA - Satu unit Toyota Land Cruiser keluaran tahun 1997 atau seri J80 berhasil terjual di wilayah California, Amerika Serikat. Tidak seperti mobil bekas pada umumnya yang terjual dengan harga lebih rendah, SUV ini justru berhasil laku dengan harga yang tinggi.

Dilansir dari laman Bring a Trailer, situs lelang yang menjualnya, Selasa 9 Juli, mobil dengan kode FZJ80 dengan jarak tempuh rendah 4.700 mil (7.500 km) berhasil terjual seharga 170.000 dolar AS (Rp2,7 miliaran) atau seharga model keluaran terbaru. Kira-kira apa saja yang ditawarkan pada SUV ini?

Seperti seri J80 lainnya, mobil ini memiliki dimensi yang besar dan salah satu yang gagah pada masanya. Namun, SUV ini telah dibekali dengan sunroof, power-adjustable side mirrors, rear wind deflector, dan wiper belakang yang merupakan teknologi terdepan saat itu.

3

Selain itu, Land Cruiser ini memiliki pelek 16 inci yang dibaluti dengan ban Michelin Defender LTX M/S 275/70 yang tangguh dalam segala medan dengan pengereman didukung ABS.

3

Berpindah ke bagian kabin, terlihat jok depan, baris kedua, dan lipat baris ketiga dilapisi oleh kulit oak. Kemudian, fitur yang dihadirkan di dalam terdiri dari power-adjustable pada kursi depan, stereo CD, AC, jam digital, dan cruise control.

Dari sisi pengemudi, mobil tersebut dilengkapi dengan setir kemudi berbalut kulit berpola empat palang dengan speedometer 130 mp/j atau 210 km/jam, tachometer, pengukur tekanan oli, suhu cairan pendingin, voltase, dan volume BBM.

5

Mesinnya sendiri dibekali dengan 4,5 liter 1FZ-FE 6-silinder segaris yang memproduksi tenaga mencapai 212 dk dan torsi 372 Nm. Model ini juga telah melewati pengujian emisi pada November 2019.

Tenaganya disalurkan ke penggerak empat roda (4WD) dibantu transmisi otomatis empat percepatan dengan diferensial tengah pengunci.

Land Cruiser seri ini memang menjadi salah satu barang buruan bagi para kolektor maupun penggemar karena kemampuan tangguh melintasi area off-road dan unitnya sudah tidak diproduksi lagi.

Di Indonesia, harga bekas dari mobil ini juga terpantau cukup tinggi. Berdasarkan penelusuran VOI, seri tersebut kini terjual mulai dari harga Rp475 juta hingga termahalnya Rp798 juta.