Bagikan:

JAKARTA -  PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) dipastikan akan meluncurkan truk listrik eCanter di Indonesia pada gelaran GIIAS 2024. Peluncuran kendaraan ini menjadi truk listrik pertama yang hadir di Tanah Air. 

Seperti diketahui Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation menjalin kerja sama dengan start up asal California, Amerika Serikat yaitu Ample untuk membangun stasiun sistem pergantian baterai atau swap. Lantas apakah sistem tersebut akan hadir juga di Indonesia? 

"Mitsubishi Fuso selalu melakukan inovasi, baik yang sudah berlangsung, ataupun di masa depan (swap baterai)," kata Aji Jaya, Sales and Marketing Director KTB, Jumat, 8 Maret. 

Sementara Bayu Aprizal, General Manager Product Strategy Division PT. KTB mengungkapkan, Fuso telah memperkenalkan teknologi swap baterai untuk kendaraan EV, termasuk eCanter. Mengenai kemungkinan diterapkan di Indonesia akan dipelajari. 

"Mengenai kemungkinan itu (swap baterai) diterapkan di Indonesia, kita pelajari dan waktu launch juga sudah beberapa konsumen dari partner kita sudah mempertanyakan tentang hal tersebut," papar Bayu. 

Namun demikian ia mengatakan untuk menghadirkan sistem tersebut ke Indonesia akan ada beberapa proses yang akan dilakukan, dan tidak bisa langsung. 

"Pastinya kita ada proses, tidak bisa langsung. Kita survei infrastruktur dan segala macam kalau itu memungkinkan selama bisa mendukung penjualan eCanter,” ujar Bayu. 

Tentunya menjadi hal yang menarik jika sistem swap baterai ini akan hadir di Indonesia, mengingat akan memangkas banyak waktu pengecasan.