Seperti Inilah Bentuk Toyota Raize yang Dimodifikasi Jadi SUV Retro
Cal's Motor Havana atau Toyota Raize yang dimodifikasi menjadi retro. (Dok. Cal's Motor)

Bagikan:

JAKARTA - Toyota Raize menandai debut globalnya pada tahun 2021 lalu dengan menawarkan penampilan sporty, modern, dan kompak yang menarik perhatian. Meskipun demikian, segelintir pihak melakukan kreativitas modifikasi pada mobil ini, salah satunya yang dilakukan oleh Cal’s Motor.

Dilansir dari Top Gear Philippines, Senin, 12 Februari, perusahaan modifikasi asal Jepang ini merubah Raize yang memiliki tampilan sporty dan modern, menjadi sebuah kendaraan kental dengan kesan retro.

Modifikasi yang disebut sebagai Cal’s Motor Havana ini mengambil inspirasi dari SUV klasik dari AS bernama Chevrolet K5 Blazer, yang memiliki tampilan kaku namun tangguh di berbagai medan.

6

Saudara dari Daihatsu Rocky ini kini mendapatkan bagian depan yang lebih lancip, grill berbentuk peti telur, dan bumper depan dari krom yang menambah kesan nostalgia mobil tahun 1970-an. 

Perubahan mobil juga menjadi lebih lebar dan panjang, bertolak belakang dengan karakteristik dari Raize yang sebenarnya. Sepatbor depan dibuat khusus untuk model ini, sedangkan pelek baja dihadirkan untuk memberikan kesan jadul pada mobil tersebut.

8

Berpindah ke bagian belakang, mobil ini mendapat sepasang lampu yang berbentuk persegi dan trim efek kayu pintu di pintu. Seperti bagian depan, terdapat bumper krom yang didesain ulang secara ekstensif sehingga meninggalkan kesan yang unik.

9

Sementara itu, bagian kabinnya tidak mengalami perubahan berarti dengan modifikator mempertahankan dasbor, tombol, bahkan lingkar kemudi pada Raize. Meski demikian, Cal’s Motor menghadirkan layar sentuh yang unik serta trim dan karpet jok khusus menambah unsur kenyamanan.

Perusahaan juga tidak merubah segi dapur pacu pada model ini, dimana mesin 1,0 liter turbo atau 1,2 liter masih tetap dipertahankan. Selain itu, hal menarik pada mobil ini adalah soal harganya.

Cal’s Motor menjual Havana dengan banderol harga mulai dari 3,98 juta yen sampai dengan 4,24 juta yen atau setara dengan Rp416,1 jutaan hingga Rp443,3 jutaan.